Pramudya, Dimas Adjie (2022) Implementasi Cyber Public Relations pada media sosial Instagram Humas Polres Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Cyber Public relations adalah sebuah kegiatan kehumasan melalui media elektronik internet yang bertujuan untuk brand dan senantiasa memelihara trust, pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada khalayak dan tentunya dapat dilakukan secara one to one communication yang bersifat interaktif. Pada dasarnnya tugas humas adalah untuk membangun serta meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga kepada publiknya. Polres Bogor dengan humasnya juga menjalankan aktifitas kehumasan melalui media elektronik. Adapun media yang digunakan yaitu media sosial instagram. Hal ini dilakukan untuk berinteraksi lebih dekat kepada masyarakat serta dapat meningkatkan kepercayaan serta membangun hubungan baik dengan masyarakat khususnya masyarakat Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan cyber public relations pada instagram Humas Polres Bogor melalui 4 tahapan yang dikemukan oleh Regina Luttrell yaitu The Circular Model Some. Adapun tahapannya yaitu: tahap pertama adalah share, tahapan kedua optimize, tahap ketiga manage, dan yang terakhir adalah tahapan engage. Penelitian ini menggunakan paradigma konstrutivistik dan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi partisipatori pasif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Polres Bogor dengan Humasnya dalam melakukan implementasi cyber public relations pada media sosial instagram menggunakan empat tahapan dari The Circular Model Some yaitu: 1) melakukan share terhadap setiap kegiatan, sosialisasi dan konten edukasi pada media sosial instagramnya, 2) melakukan optimize atau optimalisasi terhadap pesan yang diberikan sesuai dengan penulisan yang telah ditetapkan serta memberikan informasi yang akurat, 3) pada tahap manage dilakukan media monitoring dalam mengelola media sosial instagram dan 4) tahap engage melibatkan pihak eksternal dalam aktifias cyber public relations pada media sosialnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations; Polres Bogor; Build Trust |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dimas Adjie Pramudya |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 02:40 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 02:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63755 |
Actions (login required)
View Item |