Pengaruh kebersyukuran dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga

Widanarti, Widanarti (2023) Pengaruh kebersyukuran dan konformitas terhadap perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Kebutuhan konsumsi barang maupun jasa dalam rumah tangga adalah sesuatu yang penting dan identik dengan ibu rumah tangga (IRT) yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, hal tersebut lekat dengan IRT yang mengatur kebutuhan keluarga, hal itu kurang baik apabila konsumsinya berlebihan hingga IRT menjadi konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebersyukuran dan konformitas terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan ialah kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Subjek penelitian adalah 85 IRT di desa X kabupaten Subang yang melakukan pembelian dengan sistem kredit/mindring dan memiliki cicilan lebih dari satu kreditur disetiap minggunya. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada IRT. Kuesioner yang digunakan terdiri dari tiga skala ukur, yaitu skala kebersyukuran, konformitas dan perilaku konsumtif. Ketiga skala tersebut berjenis skala likert. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kebersyukuran dan konformitas memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif pada ibu rumah tangga dengan sumbangan efektif yaitu sebesar 49,9%. ENGLISH : The need for consumption of goods and services in the household is something that is important and synonymous with housewives (IRT) who make purchases to meet household needs. consumptive. This study aims to determine the effect of gratitude and conformity on consumptive behavior. The method used is quantitative with multiple linear regression analysis. The research subjects were 85 IRTs in village X, Subang district, who made purchases using the credit/mindring system and had installments of more than one creditor every week. The data collection technique for this study used a questionnaire distributed to IRTs. The questionnaire used consists of three measuring scales, namely the scale of gratitude, conformity and consumptive behavior. The three scales are likert scales. The results of this study indicate that gratitude and conformity have an influence on consumptive behavior of housewives with an effective contribution of 49.9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebersyukuran; Konformitas; Perilaku Konsumtif Gratitude; Conformity; Consumptive Behavior.
Subjects: Psychology
Psychology > Psychoanalysis
Psychology > General Publications of Psychology
Psychology > Organization and Management of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Widanarti Widanarti
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:04
Last Modified: 01 Mar 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64912

Actions (login required)

View Item View Item