Cahyati, Indah Nur (2023) Pengaruh konten media sosial TikTok terhadap perilaku sosial pada tahap remaja akhir: Penelitian di kalangan mahasiswa kelas Sosiologi C angkatan tahun 2019. Sarjana thesis, : UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini peneliti berfokus pada remaja tahap akhir, karena perilaku sosial remaja pada tahap ini, menjadi suatu penentu bagi dirinya bagaiamana dipandang dalam masyarakat. Perkembangan remaja di zaman modern ini, berbeda dengan masa remaja zaman dahulu yaitu sekitar 90-an. Yang menjadi pembeda adalah, karena semakin banyak tantangan yang mempengaruhi remaja akibat berkembangnya zaman. Hal ini dapat mengakibatkan adanya distraksi pada remaja tersebut. Salah satunya karena hadirnya media sosial. Karena kini berbagai macam sosial media mulai beragam, dari mulai, whatsapp, facebook, instagram, tiktok dll. Khususnya pada aplikasi TikTok, karena terdapat berbagai macam konten yang menarik untuk di tonton. Karena hal semacam ini terus menerus dikonsumsi secara berkepanjangan, maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada dunia nyata, yaitu pada perilaku sosialnya dalam berperilaku di masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh antara konten media sosial tiktok terhadap perilaku sosial remaja tahap akhir pada mahasiswa Sosiologi Kelas C Angkatan Tahun 2019. Untuk mengetahui berapa besaran pengaruh terhadap perilaku sosial tersebut direalisasikan dalam kehidupan nyata mahasiswa Sosiologi Kelas C Angkatan Tahun 2019. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh antara konten media sosial tiktok terhadap perilaku sosial remaja tahap akhir pada mahasiswa Sosiologi Kelas C Angkatan Tahun 2019. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial (Max Webber), diwujudkan dengan keterlibatan aktor terlibat pengambilan keputusan subjektif tentang sarana dan cara untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dipilih. Perilaku yang dimaksud adalah yang memiliki pola dan struktur tertentu dan makna tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis statistik. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada Mahasiswa Sosiologi Kelas C Angkatan 2019, dengan jumlah sample sebanyak 35 sample. Berdasarkan hasil penelitian di kalangan Mahasiswa Sosiologi Kelas C Angkatan 2019 yaitu terdapat pengaruh antara variabel x yaitu konten media sosial tiktok terhadap variabel y yaitu perilaku sosial. Besarnya pengaruh antara konten media sosial tiktok terhadap perilaku sosial adalah sebesar 18,4% hal ini menunjukan presentase sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Antara variabel konten media sosial tiktok (X) dan variabel perilaku sosial (Y) adalah signifikan, oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Sosial; Media Sosial; Tindakan Sosial |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Factors Affecting Social Behaviour Communities Communities > Community Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Indah Nur Cahyati |
Date Deposited: | 24 May 2023 01:47 |
Last Modified: | 24 May 2023 01:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68401 |
Actions (login required)
View Item |