Fadillha, Sintya Rahma (2023) Penerapan model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) berbantuan aplikasi Wingeom untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi matematis membentuk siswa agar dapat mengintepretasikan masalah matematika baik dalam bentuk gambar, simbol, angka kata atau kalimat sehingga mudah untuk dipahami dan ditemukan solusinya. Namun dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kemampuan representasi matematis ini dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) berbantuan aplikasi Wingeom. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuasi eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMP Plus Bakti Nusantara 666. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) berbantuan aplikasi Wingeom setiap pertemuannya mengalami peningkatan pada tahapannya; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) berbantuan aplikasi Wingeom dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggukan model Deeper Learning Cycle (DELC) berbantuan aplikasi Wingeom diperoleh bahwa siswa memberikan respon yang positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa model pembelajaran Deeper Learning Cycle (DELC) dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DELC;Wingeom;Representasi Matematis |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sintya Rahma Fadillha |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 04:26 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 04:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69535 |
Actions (login required)
View Item |