Pengembangan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi untuk meningkatkan kemampuan representasi ilmiah peserta didik pada materi momentum dan impuls

Nadila, Nidaa (2023) Pengembangan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi untuk meningkatkan kemampuan representasi ilmiah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Adanya perkembangan dalam teknologi digital pada dunia pendidikan dapat menjawab segala permasalahan pada proses pembelajaran dengan pengintegrasian teknologi dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan pengembangan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul flipbuilder multi representasi, dan peningkatan kemampuan representasi ilmiah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, Evaluation). Sampel dalam penelitian ini 30 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi dengan persentase rata-rata sebesar 92,7%, keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan persentase rata-rata sebesar 85,3%, peningkatan kemampuan representasi ilmiah peserta didik dengan skor N-Gain 0,7, serta hasil pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% memperoleh nilai t_hitung sebesar 1440,82 dan t_(tabel )2,04. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, menyataka bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi ilmiah peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan e-modul flipbuilder berbasis multi representasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul filpbuider; Momentum dan Impuls; Kemampuan Representasi Ilmiah; Multi Representasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nidaa Nadila
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:46
Last Modified: 17 Jul 2023 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71248

Actions (login required)

View Item View Item