Putri, Risqia Khalida (2023) Pengelolaan Digital Public Relations dalam penyebaran informasi melalui media Instagram @infobdgcom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial seringkali dimanfaatkan oleh perusahaan atau lembaga dalam menyebarkan informasi dan meningkatkan interaksi. Infobdg merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang media network yang memiliki pegawai dan staff sebagai sarana komunikasi yang memberikan suatu informasi yang menarik berupa hiburan atau edukasi kepada publik mengenai kota Bandung melalui konten-konten yang menarik mengenai kota Bandung seperti tempat wisata, tempat bersejarah di Bandung, dan berita terkini mengenai kota Bandung, hal ini dapat dikatakan sebagai bentuk aktivitas komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan digital public relations dalam penyebaran informasi melalui media Instagram dengan mengacu pada konsep four steps public relations yang dijelaskan oleh Cutlip, Center, dan Broom yakni pengumpulan data dan fakta, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan aksi dan komunikasi, dan mengevaluasi program. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa Infobdg telah melalukan pengelolaan digital public relations dalam menyebarkan informasi melalui Instagram. Empat proses dalam pengelolaan yakni terdiri dari: Pertama, proses pengumpulan dan pencarian data dengan melalui tahapan diskusi dan analisis media sosial. Kedua, perencanaan dan pemrograman dilakukan dengan melalui tahapan menetapkan tujuan, pembuatan content plan, penentuan konten, dan menetapkan sumber daya. Ketiga, proses aksi dan komunikasi dengan melalui tahapan meningkatkan kualitas, penyebaran informasi, dan respon yang cepat. Keempat, proses evaluasi dengan melalui tahapan tolak ukur keberhasilan, melihat respon publik, dan rapat internal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan;Digital Public Relations;Penyebaran Informasi;Instagram |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Risqia Khalida Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 00:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 00:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71970 |
Actions (login required)
View Item |