Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan strategi pembelajaran Questions Students Have (QSH)

Safitri, Selly (2023) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan strategi pembelajaran Questions Students Have (QSH). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan kemampuan yang penting bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, skor kemampuan matematika di Indonesia termasuk masih dibawah nilai yang telah ditetapkan oleh PISA. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Question Students Have (QSH). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen jenis kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas VIII SMPN di kabupaten Indramayu dan mengambil sampel dua kelas dengan jumlah 39 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu instrumen tes berupa soal uraian sebanyak 5 soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Questions Students Have (QSH) mengalamani peningkatan dengan kategori tinggi; 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional mengalamani peningkatan dengan kategori sedang; 3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Questions Students Have (QSH) lebih baik dari pada menggunakan strategi pembelajaran konvensional; dan 4) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Questions Students Have (QSH) lebih baik daripada menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Peneliti merekomendasikan penelitian strategi Questions Students Have (QSH) dengan kemampuan matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis siswa; Strategi Pembelajaran Questions Students Have (QSH)
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Selly Safitri
Date Deposited: 25 Jul 2023 05:18
Last Modified: 25 Jul 2023 05:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72145

Actions (login required)

View Item View Item