Pengaruh Islamic Branding dan bauran pemasaran persfektif dyariah terhadap minat beli konsumen pada produk HNI-HPAI di Keacamatan Cibiru

Nurkholifah, Nazmila (2023) Pengaruh Islamic Branding dan bauran pemasaran persfektif dyariah terhadap minat beli konsumen pada produk HNI-HPAI di Keacamatan Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar adanya keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan primernya, khususnya dalam hal konsumsi pangan. Fenomena banyak bermunculan merek-merek Islami, menandakan adanya pergeseran perilaku konsumen. salah satu produk yang menawarkan Pemasaran dan Branding Islam adalah Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) hadir sebagai solusi yang merupakan suatu perusahaan yang memplopori kebangkitan pasar umat Islam masa kini, dengan menyediakan produk-produk yang berasal dari bahan- bahan herbal yang halal dan berkualitas (thayyib). Tingginya permintaan masyarakat terhadap produk halal membuat lebih banyak persaingan antar produsen, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam minat pembelian. Sehingga saat ini, perusahaan dituntut untuk memperhatikan factor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan, supaya perusahaannya dapat bersaing dengan perusahaan lain yang serupa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Islamic Branding dan Bauran Pemasaran Perspektif Syariah, baik secara parsial maupun simultan, terhadap minat beli konsumen pada produk HNI-HPAI di Kecamatan Cibiru. Serta mengetahui besar pengaruh Islamic Branding dan Bauran Pemasaran Perspektif Syariah terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk HNI-HPAI di Kecamatan Cibiru. Menurut Kotler, pemasaran ialah suatu proses social and managerial, di mana individu-individu atau suatu kelompok memperoleh sesuatu yang mereka inginkan dan butuhkan melalui proses produksi, tawar menawar, dan tukar menukar barang atau jasa yang dapat dinilai oleh pihak lain. Konsep dan strategi pemasaran perlu diterapkan oleh suatu perusahaan supaya aktivitas bisnis dapat lebih terorganisir yang kemudian akan berimbas pada peningkatan jumlah permintaan konsumen terhadap produk dan perolehan laba yang maksimal. Adapun beberapa konsep dan teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran dalam penelitian ini antara lain konsep bisnis dalam Islam, konsep halal dan haram, Islamic Branding dan Bauran Pemasaran Persfektif Syariah serta Minat Beli Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner melalui google form. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian, di mana peneliti menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 26 dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel labelisasi halal, kualitas produk dan harga, masing-masing memperoleh nilai thitung > ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk uji simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel dan nilai signifikansi < 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, Islamic Branding dan Bauran Pemasaran Perspektif Syariah baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Produk HNI-HPAI. Di mana pengaruhnya adalah sebesar 27 % dan sisanya 73 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Islamic Branding, Bauran Pemasaran Perspektif Syariah dan Minat Beli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding; Bauran Pemasaran Perspektif Syariah; Minat Beli
Subjects: Econmics
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nazmila Nurkholifah
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:18
Last Modified: 08 Aug 2023 06:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73187

Actions (login required)

View Item View Item