Pioren, Melia (2023) Pengembangan e-module berbasis collaborative creativity untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi gerak harmonik sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada abad 21 ini yaitu kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini memaparkan terkait pengembangan e-module berbasis collaborative creativity untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan e-module berbasis collaborative creativity, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media e-module berbasis collaborative creativity, peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan menggunakan media e-module berbasis collaborative creativity, dan respon peserta didik terhadap penggunaan media e-module berbasis collaborative creativity. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di MA Persis Padalarang. Hasil penelitian mendapatkan bahwa media e-module berbasis collaborative creativity layak digunakan dalam proses pembelajaran melalui uji perhitungan teknik Gregory memperoleh nilai 1,00 dengan interpretasi sangat tinggi, keterlaksanaan proses pembelajaran memperoleh rerata 90%, peningkatan kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai N-Gain 0,79 dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa Asymp. Sig.(2.tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Respon peserta didik terhadap media e-module berbasis collaborative creativity memperoleh persentase 84% dengan interpretasi sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module berbasis collaborative creativity; kemampuan pemecahan masalah; gerak harmonik sederhana. |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Melia Pioren |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:31 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76201 |
Actions (login required)
View Item |