Husna, Shafitri Nurul (2023) Hiperrealitas Trend Fashion pada media sosial Instagram di kalangan mahasiswi jurusan Sosiologi angkatan 2019 FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Istilah dan mode trend fashion yang hadir pada masyarakat hadir berkat dukungan media sosial. Perkembangan istilah fashion mulai booming dan diikuti oleh kalangan mahasiswi diantaranya seperti istilah cewek bumi, cewek mamba, cewek kue, korean style, mode berkain, dan lainnya bermula sejak adanya pandemi Covid-19. Berawal dari munculnya berbagai konten kreator, lalu meluas ke berbagai platform salah satunya platform Instagram sebagai wadah eksistensi penggunanya Dengan adanya istilah tersebut erat kaitannya dengan aspek lain seperti gaya hidup penggunanya maupun nilai-nilai yang ada di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perkembangan istilah-istilah dan mode fashion di media sosial, mengetahui fenomena hiperrealitas trend fashion mahasiswi Jurusan Sosiologi Angkatan 2019 FISIP UIN SGD Bandung di media sosial Instagram, serta mengetahui dampak hiperrealitas trend fashion terhadap gaya hidup mahasiswi Jurusan Sosiologi Angkatan 2019 FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini merujuk pada suatu Teori Simulakra yang dicetuskan oleh Jean Baudrillard. Dimana dengan adanya fenomena hiperrealitas tidak terlepas dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut mendasarkan pada beberapa asumsi hubungan media massa. Yang mana di dalamnya tidak dapat dibedakan antara yang asli dan yang semu, tiruan dan visual, bahkan semuanya tampak meyakinkan. Keadaan tersebut menampilkan seolah realitas yang ada pada dunia maya seperti realitas sebenarnya, bahkan dapat melampaui realitas sebenarnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dan sekunder yang peneliti peroleh di lapangan melalui tahapan observasi partisipan dengan menggunakan teknik etnografi virtual, dokumen yang berkenaan dengan topik penelitian, wawancara mendalam, dan triangulasi. Proses perkembangan istilah dan mode fashion yang terjadi pada media sosial Instagram kembali booming pada kurun waktu 2021-2023 saat adanya pandemi Covid-19 hingga sampai saat ini. Dengan adanya trend fashion pada media sosial seperti istilah cewek kue, mamba, bumi, mode berkain merupakan salah satu fenomena hiperrealitas, yang mana fashion sudah bukan hanya berfungsi sebagai nilai guna, melainkan terdapat fungsi nilai tanda dan nilai simbol di dalamnya. Salah satunya menjadikan suatu identitas bagi penggunanya yang tentu saja dapat memberikan dampak secara positif mapun negatif bagi gaya hidup mahasiswi Jurusan Sosiologi FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hiperrealitas; Trend Fashion; Media Sosial; Gaya Hidup; Teori Simulakra |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Process Factors Affecting Social Behaviour Culture and Institutions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Shafitri Nurul Husna |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 03:46 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76886 |
Actions (login required)
View Item |