Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui aktivitas jual beli Barang Bekas (Thriftshop) : Studi deskriptif Toko Terminal Import, Jalan Bojong No.15, Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor

Nursa, Aliyah Zainah (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui aktivitas jual beli Barang Bekas (Thriftshop) : Studi deskriptif Toko Terminal Import, Jalan Bojong No.15, Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Permasalahan ekonomi di Indonesia yang saat ini belum terselesaikan adalah masalah kemiskinan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengangguran, tingkat pendapatan, dan Pendidikan yang rendah. Salah satu solusi yang dapat ditemukan dalam memenuhi kebutuhan di era ekonomi global saat ini yaitu dengan membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki peran penting terhadap perekonomian di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui strategi dari pengusaha thrift dalam mengembangkan usaha nya di era ekonomi saat ini, dan hasil dari jual beli barang bekas (thrift) terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini merujuk pada teori pemberdayaan ekonomi masyarakat yang disampaikan oleh Ginandjar Kartasasmita (1996:29), pemberdayaan ekonomi merupakan suatu upaya dalam pengerahan sumber daya dalam meningkatkan potensi ekonomi rakyat yang menjadikan masyarakat menjadi lebih produktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Raflis selaku pengusaha thrift yaitu dengan metode strategi SOAR yang dipopulerkan oleh David Cooperrider dalam bukunya yang berjudul Introduction to Appreciative Inquiry (1995:1). Adapun beberapa strateginya yaitu dengan meningkatkan kualitas produk, memberikan pelayanan terbaik, mengaktifkan online shop, aktif bersosial media, membuat konten, mengadakan live streaming, berkolaborasi dengan influencer terkenal, serta mengikuti beberapa festival atau event tertentu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi; Masyarakat; Strategi; Thrift
Subjects: Communities
Administration of Economy
Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aliyah Zainah Nursa
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:24
Last Modified: 14 Sep 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77443

Actions (login required)

View Item View Item