Strategi produksi tayangan dakwah dalam konten Youtube Kata Ustadz : Studi deskriptif pada akun Youtube Kata Ustadz

Rivai, Moch (2023) Strategi produksi tayangan dakwah dalam konten Youtube Kata Ustadz : Studi deskriptif pada akun Youtube Kata Ustadz. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Perkembangna teknologi infomasi dan komunikasi merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari, semakin berkembangnya zaman maka perkembangan teknologi juga akan semakin maju. Salah satunya adalah pada media sosial yang merupakan sebuah teknologi informasi dan komnikasi yang saat ini banyak digunkana oleh kalangan masyarakat. Dari mulai orang tua, anak-anak, remaja semua sudah menggunakan media sosial dalam kegiatan sehari-harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati serta menganalisa dari macam-macam strategi dakwah yang dilakukan dalam akun youtube Kata Ustadz dan terkhususkan pada teyangan konten Kata Kata Ustadz. Mulai dari strategi dakwah sentimentil, strategi dakwah rasional serta strategi dakwa inderawi dan eksperimen.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian dengan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena penelitian berfokus pada masalah penelitian yang ada.berdasarkan dengan tempat, situasi, pelaku serta aktivitas yang saling berkaitan. Dengan menggunakan paradigma konstruktivisme -interpretif yang artinya penelitian ini dilakukan dengan cara menganilisis, mengkontruksi dan menginterpretasikan fenomena yang terjadi. Strategi dakwah merupakan suatu proses dalam dakwah yang dirancang dengan maksud daripada rencana ataupun tujuan dari dakwah itu sendiri dapat tercapai dan terealisasikan, sehingga dakwah yang disampaikan dapat terstruktur dengan baik dengan perencanaan dari strategi dakwah yang dilakukan. Salah satu pendapat mengenai strategi dakwah dikemukakan oleh Muhammad Abu Fattah Al-Bayayubi dalam kitanya yang berjudul ¬Al-Madkhal Ila Ilmi Dakwah yang menyebutkan bahwa strategi dakwah harus bertumpu pada tiga metode yang merupakan sifat ashliyah yang dimiliki oleh manusia, yaitu : 1) Strategi Dakwah Sentimentil (al-manhaj al-athifi) 2)Strategi Dakwah Rasional (al-manhaj al-‘aqli), dan 3) Strategi Dakwah Inderawi atau Eksperimen ( al manhaj al-hissi aw tajribi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah dalam akun youtube Kata Ustadz terkhususkan dalam tayangan konten Kata Ustadz, ditemukan (a) strategi dakwah sentimentil (al-manhaj al-athifi) yang terdapat metode dalam mengembangkan strategi ini yaitu metode pengajaran yang baik (mau’idzah hasanah) dan menampakkan sikap santun dan kasih sayang. (b) strategi dakwah rasional (al-manhaj al-‘aqli) yang menggunakan metode dalam penerapannya yaitu menggunakan analogi dan metode diskusi serta percakapan (Munazarah dan Hiwar). (c) strategi dakwah inderawi dan eksperimen (al-manhaj al-hissi wa tajribi) yang terbagi menjadi dua bagian yaitu strategi inderawi yang menggunakan metode dakwah: metode drama yang berupa konten hiburan , reaksi (reaction) dan pendidikan dan pengajaran. Dan metode Pemberlajaran praktik. Metode eksperimen yang melakukan perubahan dari konten akun youtube Kata Ustadz dengan faktor, yaitu berupa konten imitasi, perubahan audiens.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Konten Youtube
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with Other Educational Institutions
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Planning and Strategic Management
Depositing User: Rivai MR Moch RIvai
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:10
Last Modified: 18 Sep 2023 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77740

Actions (login required)

View Item View Item