Muflih, Muhammad (2001) Peningkatan mutu produk tekstil di PT. Tomenbo Indonesia Bandung dan relevansinya dengan tijarah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daptarisi.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampirsan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Industri tekstil sekarang memasuki era persaingan yang hebat. Setiap perusahaan tekstil memiliki strategi yang dirancang untuk membuka peluang meraih kesuksesan. Langkah yang dilakukan PT. Tomenbo Indonesia Bandung dalam menghadapi tantangan tersebut, adalah meningkatkan mutu produk tekstilnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan mutu produk tekstil dan upaya pemasaran produk tekstil di PT. Tomenbo Indonesia Bandung. Di samping itu, untuk menjelaskan relevansinya dengan tijarah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa di dalam al Quran surat al- Arof ayat 10, Allah memberikan peluang bagi manusia untuk hidup produktif. Peningkatan produktivitas di dalam perusahaan itu dilakukan melalui manajemen yang mampu mengkombinasikan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif untuk memecahkan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan obyek penelitian. Analisis dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa di dalam bersaing dengan produsen tekstil lainnya, PT. Tomenbo Indonesia Bandung merasa perlu untuk meningkatkan mutu produk tekstil dan meningkatkan upaya pemasaran tersebut, melalui manajemen terpadu. Karena dengan manajemen terpadu, perusahaan tersebut dapat memastikan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan itu dicapai dengan mempergunakan sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan manajemen terpadu, perusahaan akan survive dan selalu dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Berkaitan dengan hal di atas, para ulama menilai bahwa di dalam berproduksi, manusia tidak hanya meningkatkan kondisi materialnya saja, tetapi juga meningkatkan moralnya sebagai sarana untuk mencapai keridhaan Allah di dunia dan akherat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Produk; Tijarah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | PKL6 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 07:55 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78771 |
Actions (login required)
View Item |