Nurdiana, Budi (2023) Efektifitas model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) melalui media Handout pada materi Akidah Akhlak terhadap keterampilan komunikasi dan sikap santun siswa : Quasi eksperimen pada materi Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru di kelas VIII SMPN 5 Cilawu. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari suatu fenomena rendahnya komunikasi lisan dan sikap santun siswa, hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam menyampaikan informasi pembelajaan berupa ide, gagasan, dan tanggapan secara lisan serta prilaku dan cara bicara siswa kepada orang tua dan guru kurang baik. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang memperhatikan kebutuhan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah untuk : 1. mengidentifikasi penerapan Model VAK melalui media handout pada materi akidah akhlak, 2. mengidentifikasi keterampilan komunikasi lisan siswa dengan model VAK melalui media handout dan metode diskusi dan presentasi, 3. mengidentifikasi sikap santun siswa dengan model VAK melalui media handout dan metode diskusi dan presentasi pada materi akidah akhlak, 4. mengidentifikasi efektivitas model VAK melalui media handout terhadap keterampilan komunikasi lisan dan sikap santun siswa pada materi akidah akhlak di kelas VIII SMPN 5 Cilawu kabupaten Garut. Asumsi dasar pada penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme yang menyatakan bahwa pembelajaran terjadi ketika individu secara aktif membangun pemahaman baru dari pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. Teori ini membangun pemahaman baru melalui tiga mode representasi belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Hal ini sejalan dengan fungsi model pembelajaran VAK yang menekankan bahwa pembelajaran harus menggunakan seluruh indra siswa, yaitu menggabungkan indera pendengaran, penglihatan dan gerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metodenya adalah eksperimen dengan desain quasy eksperimen. Jenis penelitiannya adalah non-equivalent control group design yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Penerapan model pembelajaran VAK melalui media handout dilakukan sesuai dengan sintaks model VAK, 2). Perbedaan keterampilan komunikasi lisan siswa pada kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat dari uji t yaitu pada observasi awal diperoleh nilai Asym Sig. (2_Tailed) sebesar 0,767 > 0,05 yang menunjukan tidak terdapat perbedaan. Sedangkan pada observasi akhir 0,000 < 0,05 yang menunjukan terdapat perbedaan. 3). Perbedaan sikap santun siswa di kelas eksperimen dan kontrol pada angket awal diperoleh nilai Asym Sig. (2_Tailed) sebesar 0,020 < 0,05 dan pada angket akhir 0,000 < 0,05 yang keduanya menunjukan perbedaan yang signifikan. 4). Efektivitas model VAK melalui media handout terhadap keterampilan komunikasi lisan dan sikap santun siswa dapat dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,51 dengan kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,28 dengan kategori rendah. Sedangkan pada sikap santun di kelas eksperimen diperoleh 0,46 dengan kategori sedang dan di kelas kontrol diperoleh 0,26 dengan kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Visualization Auditory Kinesthetic (VAK); Media Handout; Materi Akidah Akhlak; Keterampilan Komunikasi; Sikap Santun Siswa; |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Budi Nurdiana |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:21 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78995 |
Actions (login required)
View Item |