Gumelar, Agung (2023) Manajemen strategi Suara.com dalam memproduksi berita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Suara.com merupakan satu dari sekian banyak media berita di Indonesia yang menggunakan website dalam mempublikasikan berita. Meski baru berdiri pada tahun 2014, Suara.com sukses meraih banyak pembaca hanya dalam waktu yang cukup singkat. Hal itu dibuktikan Suara.com yang berhasil masuk lima besar media dalam jaringan (online) dengan pembaca terbanyak di urutan kelima dalam kategori news & media publisher di Indonesia berdasarkan rilis Similarweb pada bulan April tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Suara.com dalam meningkatkan pembaca beritanya dengan menggunakan teori manajamen strategi. Menurut Fred R. David (2006), tahapan manajemen strategi terbagi menjadi tiga bagian yakni perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Perencanaan strategi mencakup bagian visi dan misi organisasi atau tujuan organisasi. Kemudian, pelaksanaan strategi mencakup penciptaan struktur organisasi yang efektif. Terakhir, evaluasi strategi yakni mencakup pengukuran kinerja dan tindakan-tindakan korektif (Fred R. David, 2006: 5). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif yakni sebuah prosuder atau tata cara pemecahan suatu masalah yang sedang diteliti dengan menjabarkan atau menggambarkan keadaan obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Suara.com menerapkan lima strategi untuk meningkatkan pembaca beritanya. Pertama, pemilihan isu pemberitaan dengan menitikberatkan pada kepentingan publik. Kedua, mengutamakan kenyamanan pembaca dengan memberikan tata letak yang memanjakan pembaca secara visual, kemudian mengambil sudut pandang lain dalam pemberitaan suatu peristiwa dan menggunakan strategi E-E-A-T dalam penyajian dan pengembangan berita. Ketiga, bekerja sama dengan jejaring dengan media lokal dan luar negeri untuk mendapatkan sumber berita. Keempat, memberlakukan prosedur yang ketat dalam menjaga akurasi berita dengan adanya seorang gatekeeper. Kelima, menggunakan sosial media untuk penyebaran berita yang lebih luas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa manajemen strategi yang baik berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan pembaca berita di Suara.com. Artinya, manajemen strategi jika dilakukan dengan baik dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi;Berita;Media dalam Jaringan |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Postal Communication > Historical, Geographic, Person Treatment of Postal Communications Biography, Obituary |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Agung Gumelar Ismail |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:41 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79281 |
Actions (login required)
View Item |