Komunikasi dakwah virtual pesantren : Analisis isi pesan dakwah pada akun instagram @assalafie_babakan_ciwaringin

Syarofi, Ahmad (2023) Komunikasi dakwah virtual pesantren : Analisis isi pesan dakwah pada akun instagram @assalafie_babakan_ciwaringin. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
05 ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
10 BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
14 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Kegiatan dakwah dalam era media baru saat ini mengalami perubahan bentuk yang signifikan, beralih dari metode konvensional menjadi dakwah digital. Salah satu fenomenanya media sosial instagram yang digunakan untuk media dakwah, yaitu penggunaan akun instagram@assalafie_babakan_ciwaringin sebagai akun resmi Pondok Pesantren Putra Putri Assalafie sebagai alat komunikasi dakwah virtual pesantren. Berdasarkan konteks ini, analisis isi pesan dakwah yang ada pada konten-konten yang diunggah dalam akun @assalafie_babakan_ciwaringin adalah focus utama dari penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengungkap lebih dalam dan menggambarkan lebih jelas mengenai pesan dakwah yang disampaikan menggunakan media sosisal instagram akun @assalafie_babakan_ciwaringin sebagai media komunikasi dakwah virtual pesantren . Berdasarkan tujuan tersebut, maka Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tiga aspek utama terkait analisis konten pesan dakwah. pada media sosial isntagram ini, yaitu: (1) Bagaimana kategori pesan yang disuguhkan (2) Jenis pesan dakwah yang diposting dan (3) apa tujuan pesan dakwah yang diunggah di akun instagram @assalafie_babakan_ciwaringin. Penelitian ini, menggunakan metode analisis isi. Metode pengumpulan informasi dalam penelitian ini diterapkan melalui beberapa tahap, yakni pemilihan sampel, pengembangan kategori atau kode, pengumpulan dan pengkodean data, dan wawancara. Pendekatan analisis data yang diimplementasikan adalah triangulasi dari berbagai sumber informasi. Secara konseptual, penelitian ini mengacu pada kerangka teoritis komunikasi melalui media komputer (CMC) yang diperkenalkan oleh December John. Dari hasil observasi ini, terungkap tiga hasil temuan sebagai berikut: (1) kategori pesan yang disampaikan ada dua kategori yaitu secara langsung dan tidak langsung (2) Jenis pesan dakwah yang disampaikan terbagi menjadi dua kategori teknis dan kandungan isinya, dari teknisnya terbagi menjadi dua yaitu visual dan audio visual sedangkan dari kandungan isinya memiliki 3 Kategori pesan dakwah meliputi pesan-pesan terkait Ibadah, Aqidah, dan juga perilaku etika atau budi pekerti. (3) Tujuan pesan dakwahnya meliputi pertama adalah motivasi, kedua sebagai partisipasi dan tujuan yang ketiga adalah menjadi respon tentang konflik atau kejadian di masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisi Isi; Pesan Dakwah; Pesantren; Instagram
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Syarofi
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:44
Last Modified: 12 Oct 2023 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80095

Actions (login required)

View Item View Item