Dampak e-Commerce terhadap kesejahteraan pedagang pakaian perspektif ekonomi Islam di Pasar Sumedang Kota

Hidayat, Raisanti Az Zahra (2023) Dampak e-Commerce terhadap kesejahteraan pedagang pakaian perspektif ekonomi Islam di Pasar Sumedang Kota. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Adanya kecanggihan teknologi seperti e-commerce yang diminati oleh masyarakat untuk membeli produk online merupakan salah satu faktor dalam menentukan kesejahteraan dari pedagang pasar, salah satunya adalah pedagang pakaian di Pasar Sumedang Kota. Minat masyarakat untuk membeli produk online yang terealisasi menjadi sebuah tindakan nyata berupa transaksi pembelian tentu akan membuat produk-produk pakaian yang dijual oleh pedagang di Pasar Sumedang Kota menjadi produk subsider yang entah kapan akan terjual sehingga pendapatan para pedagang tersebut berkurang dan akhirnya berdampak pada kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan e-commerce terhadap kesejahteraan pedagang pakaian perspektif ekonomi Islam di Pasar Sumedang Kota, dilihat dari 3 indikator kesejahteraan perspektif ekonomi Islam yaitu indikator tauhid, indikator konsumsi, dan indikator hilangnya rasa takut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesejahteraan perspektif ekonomi Islam menurut Muhyi Al-Din Athiyyah yang terdiri dari 3 (tiga) indikator, yaitu indikator tauhid, indikator konsumsi, dan indikator hilangnya rasa takut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiaan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari wawancara secara langsung kepada UPTD Pasar Sumedang Kota dan 5 (lima) pedagang pakaian di Pasar Sumedang Kota serta data sekunder dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce memberikan dampak positif terhadap indikator tauhid ditinjau dari tolok ukur terdapat keyakinan bahwa Allah Swt. telah mengatur rezeki tiap makhluk-Nya, kualitas serta kuantitas ibadah yang meningkat, dan cara berdagang yang masih sesuai dengan nilai-nilai agama, e-commerce memberikan dampak negatif terhadap indikator konsumsi ditinjau dari tolok ukur berkurangnya budget pemenuhan kebutuhan sehari-hari, perubahan kondisi ekonomi yang tidak seperti dahulu, dan penurunan penunaian zakat, infak, dan sedekah, serta e-commerce memberikan dampak negatif terhadap indikator hilangnya rasa takut ditinjau dari tolok ukur sikap pesimis memperoleh pendapatan yang meningkat, ketidakmampuan menabung untuk masa depan, dan sikap pesimis dalam keyakinan mempertahankan usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce; Kesejahteraan; Pedagang Pakaian
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Commerce, Trade
General Management > Market Research in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Raisanti RAH Anna
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:26
Last Modified: 03 Nov 2023 07:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81487

Actions (login required)

View Item View Item