Pengaruh media pembelajaran Kartu Kata Bergambar terhadap peningkatan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Fikih : Penelitian quasi eksperimen di kelas II MI Negeri 2 Kota Bandung

Zahro, Ismi Fatimatu (2023) Pengaruh media pembelajaran Kartu Kata Bergambar terhadap peningkatan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Fikih : Penelitian quasi eksperimen di kelas II MI Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan menunjukan bahwasanya motivasi belajar siswa di kelas II MI Negeri 2 Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023 dapat dikatakan belum merata atau masih kurang, dengan alasan karena pembelajaran yang baru pertama kali dilaksanakan secara tatap muka dimana setelah dua tahun kebelakan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Maka dari itu motivasi belajar siswa saat ini masih kurang stabil karena perlu adanya adaptasi dan pembiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran fikih dengan menerapkan media kartu kata bergambar di kelas II MI Negeri 2 Kota bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan atau tidak motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih dengan menerapkan media kartu kata bergambar diabandingkan dengan media pembelajaran konvensional, serta mengetahui pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fikih sebelum dan sesudah diterapkannya media kartu kata bergambar dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Negeri 2 Kota Bandung tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel penelitian 56 orang siswa, 28 siswa dikelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Data diperoleh juga dari hasil observasi pada RPP, proses pembelajaran dan skor angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Berdasarakan hasil penelitian menunjukan bahwa terlaksanakanya proses pembelajaran media kartu kata bergambar sebesar 81,5% yang berada dalam rentang nilai 75-90% yang termasuk kategori baik. Motivasi belajar siswa pada kelas II B tahun ajaran 2022/2023 yang merupakan kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 56,29. Sedangkan setelah diberi perlakuan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 60,79, hali ini menyatakan bahwa siswa termotivasi. Hasil uji t (hipotesis) menunjukan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,955 > 167,356 selain itu nilai signifikansi < 0,005 yaitu sebesar 0,000. Jadi dengan adanya penerapan media kartu kata bergambar motivasi belajar siswa mengalami peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan media konvensional serta terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih dengan menerapkan media kartu kata bergambar dan media konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Kartu Kata Bergambar; Motivasi Belajar Siswa; Pelajaran Fikih;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ismi Fatimatu Zahro
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:43
Last Modified: 16 Nov 2023 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82233

Actions (login required)

View Item View Item