Penerapan metode pembelajaran Socrates untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Timur, Aulia Putri (2023) Penerapan metode pembelajaran Socrates untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang didukung oleh hasil yang diperoleh pada studi pendahuluan. Sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Socrates. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control design yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cileunyi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan non tes. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Socrates, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Socrates dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Socrates dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan sikap siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Socrates. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : keterlaksanaan proses pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates berada pada kategori baik sekali, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Socrates lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Socrates lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates pada umumnya bersifat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kreatif matematis; Metode pembelajaran Socrates
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Aulia Putri Timur
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:27
Last Modified: 20 Nov 2023 02:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82342

Actions (login required)

View Item View Item