Sunandar, Yoga (2023) Pengaruh metode Student Facilitator and Explaining terhadap kreativitas dan hasil belajar PAI pada materi Fikih jual dan beli. Masters thesis, UIN Sunan Gunungv Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karna adanya permaslahan pada kreatifitas peserta didik dan hasil belajar PAI terutama pada pembekajaran Fikih tentang jual beli yang mana peserta didik masih berkategori rendah yang belum mencapai KKM, dengan demikian perlu adanya suatu inovasi dalam pembelajaran fikih untuk bisa meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik dengan salah satu metode yaitu Studen Facilitator and Explaining. Tujuan peneliian ini diantaranya: 1)Menganalisis Pelaksanaan Metode Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran PAI materi Jual dan Beli.2)Menganalisis perbedaan kreatifitas belajar peserta didik pada penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan metode konvensional dengan cara diskusi. 3)Menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik pada penerapan metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan metode konvensional dengan cara diskusi.4) MenganalisisMetode Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar peserta didik pada materi fikih tentang jual beli di kelas IX Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritis yang menyatakan bahwa Student Facilitator and Explaining merupakan metode yang berpusat pada peserta didik, yang mana peserta didik akan menjelaskan Kembali apa yang teleh mereka pelajari dengan membuat peta konsep. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen rancangan pada penelitian ini menggunakan jenis non equivalent (Pretest and Posttest) control grup design yang dilakukan dengan tatap muka, adapun teknik pengumpulan data dilakukan pada penelitian Observasi, angket dan tes, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PAI di kelas eksperimen dengan menggunakan metode Studen Facilitator and Explaining dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional yaitu dengan cara diskusi biasa. Peroses pembelajaran terbagi menjadi dua metode di dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen metode SFAE dam kelas kotrol metode Konvensional. Kreatifitas peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki peningkatan nilai yang berbeda di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79,13, sedangkan nilai kreatifitas paa kelas Konvensional sebesar 76.13, yang mana data kreatifitas eksperimen masih lebih besar dibandingkan dengan data kreatifitas metode konvensional, ada peningkatan dengan metode SFAE. Hasil belajar fikih peserta didik yang menggunakan metode Studen Facilitator and Explaing diperoleh nilai sebesar 80.58 sedangkan nilai di kelas kontrol sebesar 75.81 mengalami kenaikan yang signifikan dan terdapat pengaruh positif dan signifikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; metode pembelajaran; Fikih; Jual Beli |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yoga Sunandar |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 01:09 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83230 |
Actions (login required)
View Item |