Penerapan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Cikaum Kabupaten Subang

Khoirunnisa, Zulfah (2023) Penerapan pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Cikaum Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan pendekatan yang digunakan masih dengan pendekatan konvensional. Tujuan dari pelaksanaannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa jika pembelajarannya diterapkan pendekatan open ended. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MIS Al-Hidayah Kec. Cikaum Kab. Subang. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yang dilaksanakan dan setiap siklusnya berisi dua tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penerapan pendekatan pembelajaran dengan pendekatan open ended dapat meninngkatkan kemampuan matematis peserta didik dengan hasil pada siklus I memperoleh rata-rata 56,4 dengan persentase mencapai 33,3%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,1 dengan persentase mencapai 83,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open ended; kemampuan pemahaman matematis; Pembelajaran matematika;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulfah Khoirunnisa
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:31
Last Modified: 02 Feb 2024 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/84619

Actions (login required)

View Item View Item