Rasyad, Fathi Muni A.R. (2024) Implementasi pembelajaran Al-Qur'an metode Iqra' pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di SD Innovative School Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat fenomena yang terjadi di SD Innovative School Cianjur yakni terdapat peserta didik yang belum mampu membaca Iqra’ sesuai dengan kaidah dalam setiap jilid Iqra’, terutama ketika memasuki jilid Iqra’ 4 hingga jilid Iqra’ 6. Di sisi lain, pembelajaran BTQ telah terjadwal dan terlaksana setiap minggunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pada implementasi metode Iqra’ dalam mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Innovative School Cianjur. Pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan pada pemahaman bahwa pembelajaran Al-Qur’an dapat terlaksana dengan baik apabila menggunakan metode yang tepat dan mudah dipahami. Salah satu metode dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah metode Iqra’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan metode Iqra’ dalam mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) di SD Innovative School Cianjur sudah cukup bagus dan mengikuti ketentuan dalam metode Iqra’; (2) Penerapan metode Iqra’ dalam mata pelajaran BTQ di SD Innovative School Cianjur sudah cukup baik, tetapi terdapat kekurangan yaitu tidak adanya kegiatan evaluasi pembelajaran; dan (3) Faktor pendukung pada implementasi metode Iqra’ dalam mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Innovative School Cianjur, meliputi dukungan dari sekolah, metode yang mudah serta efektif, metode yang telah umum digunakan, buku Iqra’ mudah didapatkan, mudah menemukan guru pembimbing metode Iqra’, sarana dan prasarana yang mendukung, serta respon positif peserta didik terkait metode Iqra’. Selanjutnya, faktor penghambat pada implementasi metode Iqra’ dalam mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Innovative School Cianjur, meliputi tidak adanya kriteria khusus guru BTQ, tidak ada pelatihan khusus yang diselenggarakan sekolah terkait metode Iqra’, tidak terdapat rencana pembelajaran yang tertulis dan struktural, keterbatasan pengetahuan guru akan metode pembelajaran Al-Qur’an yang lain, tidak terdapat evaluasi kenaikan jilid Iqra’ maupun kenaikan dari Iqra’ menuju Al-Qur’an, alokasi waktu yang terbatas, kurangnya motivasi dan sulitnya mengondisikan peserta didik, serta kurangnya dukungan orang tua untuk mengulangi pembelajaran di rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Qur'an; Baca Tulis Al-Qur'an; Metode Iqra' |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an Educational Institutions, Schools and Their Activities > Private Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fathi Muni A.R. Rasyad |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 00:50 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/86361 |
Actions (login required)
View Item |