Personal Branding Rica Puspitasari di Instagram : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ricapuspitas

Rahmawati, Dini (2024) Personal Branding Rica Puspitasari di Instagram : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ricapuspitas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy

Abstract

Generasi milenial memanfaatkan sosial media pribadi sebagai alat untuk membantu personal branding dirinya. Personal branding saat ini menjadi sebuah keperluan, dilihat dari ramainya pengguna sosial media saat ini. Platform media sosial yang paling ramai digunakan untuk membangun personal branding salah satunya yaitu Instagram. Penggunaan platform media sosial Instagram dapat digunakan oleh generasi milenial untuk membangun personal branding-nya, salah satunya ialah seorang beauty influencer yaitu Rica Puspitasari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Instagram @ricapuspitas dalam menciptakan dan memperkuat personal branding dengan merujuk pada lima konsep dasar personal branding Circle-P yang digagas oleh Silih Agung Wasesa, ialah: Competency (Kompetensi), Connectivity (Konektivitas), Creativity (Kreativitas), Compliance (Kepatuhan), dan Contribution (Kontribusi). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dituangkan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi pasif dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Rica Puspitasari telah menerapkan lima konsep Circle-P oleh Wasesa, yaitu: pertama, competency yang dimiliki oleh Rica Puspitasari di Instagram yakni memiliki kemampuan yang dimulai dari hobi, mendapatkan respon yang positif dari publik, dan mencari motivasi. Kedua, connectivity dari personal branding Rica Puspitasari di Instagram yaitu menanamkan konektivitas dengan cara upgrade skill, fokus, dan membuat clickbait yang dapat menarik publik. Ketiga, creativity dari personal branding Rica Puspitasari di Instagram yaitu memiliki strategi dengan follow the trend dan juga aktif di Instagram. Keempat, compliance dari personal branding Rica Puspitasari di Instagram yaitu mematuhi norma dengan tidak mengambil hak cipta, posting konten original, dan filter postingan di Instagram. Kelima, contribution dari personal branding Rica Puspitasari di Instagram yaitu Rica berkontribusi dalam memperhatikan dan merepon comment, direct messages, dan Q&A.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding; Influencer Instagram; Rica Puspitasari
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dini Rahmawati
Date Deposited: 13 May 2024 01:25
Last Modified: 14 May 2024 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87280

Actions (login required)

View Item View Item