Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) serta Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham: Studi kasus Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2017-2022

Millati, Silmi Kaffah Nur (2024) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) serta Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham: Studi kasus Perusahaan Sektor Energi yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2017-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Harga saham merupakan nilai dari suatu saham yang terjadi di pasar bursa pada waktu tertentu, yang ditentukan oleh para pelaku pasar dan dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran saham di pasar modal. Harga Saham pula menjadi sebuah acuan bagi seorang investor sebelum menanamkan modalnya pada suatu perusahaan. Earning Per Share, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio merupakan beberapa rasio yang mempengaruhi Harga Saham. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menanalisis pengaruh Earning Per Share, Net Profit Margin dan Price Earning Ratio secara parsial terhadap Harga Saham. Serta untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio secara simultan terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi Kasus Perusahaan Sektor Energi) Periode 2017-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Earning Per Share, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio berpengaruh positif terhadap Harga Saham, artinya apabila Earning Per Share, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio naik, maka Harga Saham akan naik, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan menggunakan teknik purpose sampling sebanyak 2 perusahaan sektor Energi yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2017-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel di antaranya Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Data Panel dan Analisis Uji Hipotesis (uji t dan uji F) dengan menggunakan alat analisis yakni Eviews versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Earning Per Share secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 62,91%. 2) Net Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 0,21%. 3) Price Earning Ratio secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 16,63% 4) Earning Per Share, Net Profit Margin, dan Price Earning Ratio secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinan parsial sebesar 77,34%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share; Net Profit Margin; Price Earning Ratio; Harga Saham
Subjects: Econmics
Business
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Silmi Kaffah Nur Millati
Date Deposited: 15 May 2024 02:30
Last Modified: 15 May 2024 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87482

Actions (login required)

View Item View Item