Nurholih, Rijki (2024) Penerapan strategi The Firing Line untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Download (996kB) | Preview |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan strategi The Firing Line dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, didapat kelas VII-A dan VII-B. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi The Firing Line, (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran strategi The Firing Line dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (c) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi The Firing Line. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal pemahaman konsep matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi sangat baik; (b) hasil analisis gain ternormalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran strategi The Firing Line dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (c) berdasarkan analisis data respon siswa yang menggunakan strategi The Firing Line diketahui bahwa pada umumnya siswa yang merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, The Firing Line, Respon
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; The Firing Line; Respon |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Secondary Education > Lower Level Secondary School Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rijki Nur Holih |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:48 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89326 |
Actions (login required)
View Item |