Pengaruh Sales Growth dan Intellectual Capital terhadap Value Of Firm pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT. Aneka Tambang Tbk Periode 2013-2023

Zahra, Putri Maulida (2024) Pengaruh Sales Growth dan Intellectual Capital terhadap Value Of Firm pada perusahaan yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia: Studi di PT. Aneka Tambang Tbk Periode 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi negara pada sektor pertambangan yang menjadi pendorong perekonomian negara sehingga meningkatkan produksi dan penjualan komoditas tambang. Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut yaitu tingginya value of firm. Oleh karena itu, fokus penelitian ini ialah Value of Firm (Price To Book Value) salah satu Valuation Ratios adapun Sales Growth berguna untuk memprediksi pencapaian perusahaan dan mengusahakan pertahanan suatu posisi ekonomi pada pertumbuhan ekonomi dan Intellectual Capital berguna untuk menilai keberhasilan bisnis dan kemampuan perusahaan dalam penciptaan nilai dan keunggulan bersaing. Namun juga dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan data yang diperoleh pada PT. Aneka Tambang Tbk dengan teori yang ada, yakni jika nilai Sales Growth dan Intellectual Capital meningkat makaakan diikuti dengan meningkatnya nilai Value of Firm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Sales Growth dan Intellectual Capital secara parsial dan simultan terhadap Value of Firm pada PT. Aneka Tambang Tbk selama periode 2013-2023. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Sales Growth dan Intellectual Capital memiliki pengaruh positif terhadap Value of Firm. Dimana perusahaan yang memiliki pertumbuhan penjualan dan modal intelektual yang tinggi dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan investor. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan data sekunder berupa annual report PT. Aneka Tambang Tbk periode 2013-2023. Teknik analisis yang dipakai yakni uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis asosiatif yang terdiri dari uji regresi linear sederhana dan berganda, uji korelasi parsial dan simultan, uji koefisien determinasi, uji hipotesis (uji-t dan uji-f) dengan perhitungan manual dan software SPSS v.26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sales Growth secara tidak berpengaruh signifikan terhadap Value of Firm (Price To Book Value) dengan arah regresi negatif dan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan hanya berpengaruh sebesar 0,074%. 2) Intellectual Capital secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Value of Firm (Price To Book Value) dengan arah regresi positif dan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan pengaruh sebesar 13,7%. 3) Sales Growth dan Intellectual Capital secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Value of Firm (Price To Book Value) dengan persamaan Y = 1,050 - 0,004X1 + 0,195X2 serta hubungan korelasi yang sedang dan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan pengaruh sebesar 17,9% dan 82,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sales Growth; Intellectual Capital; Value of Firm; Price to Book Value;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Putri Maulida Zahra
Date Deposited: 03 Jul 2024 10:53
Last Modified: 03 Jul 2024 10:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89813

Actions (login required)

View Item View Item