Pengaruh ulasan produk dan label halal terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee: Studi kasus pada mahasiswa aktif FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hilyatuzzaidah, Viana (2024) Pengaruh ulasan produk dan label halal terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee: Studi kasus pada mahasiswa aktif FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang semakin hari semakin pesat, yang dulu serba sederhana kini sudah berubah menjadi canggih dan modern. Perkembangan teknologi tersebut ditandai dengan munculnya marketplace salah satunya yaitu Shopee. Sejak munculnya marketplace Shopee di Indonesia telah menarik perhatian sebagian besar masyarakat Indonesia. Total pengunjung aplikasi marketplace Shopee pada tahun 2022 sudah mencapai 191,6 juta masyarakat Indonesia. Meski sebagai marketplace terbesar di Indonesia penjual harus mampu menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh ulasan produk dan label halal terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengertian keputusan pembelian, struktur kepuasan pembelian, faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, keputusan pembelian dalam islam, proses keputusan pembelian, pengertian ulasan produk, indikator ulasan produk, pengertian label halal, syarat kehalalan suatu produk, indikator label halal, dan pengertian marketplace. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 87 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan berbagai teknik statistik, diantaranya analisis deskriptif, uji keabsahan data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Proses analisis data didukung oleh aplikasi pengolahan data SPSS versi 26. Berdasarkan hasil pelitian yang dilakukan bahwa variabel ulasan produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Variabel label halal tidak berpengaruh signifikan secara parsial, namun mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Sedangkan secara simultan ulasan produk dan label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN Bandung angkatan 2020).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ulasan produk; label halal; keputusan pembelian
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Hilyatuzzaidah Viana
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:03
Last Modified: 05 Jul 2024 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90232

Actions (login required)

View Item View Item