Amelia, Ade Tira (2024) Pengaruh advertising terhadap purchase intention dengan online customer review sebagai variabel moderasi: Studi pada konsumen marketplace Lazada di Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
Abstract
Lazada merupakan marketplace yang berpartisipasi dalam perkembangan teknologi saat ini. Menurut artikel databox tahun 2023, Lazada berada di posisi ke-3 marketplace yang paling banyak dikunungi pada Q1-Q3 tahun 2023. Salah satu indikator yang mengukur banyaknya pengunjung marketplace adalah purchase intention. Adapun variabel yang diduga dapat memengaruhi purchase intention yaitu advertising dan dapat diperkuat atau diperlemah oleh online customer review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara advertising terhadap purchase intention; apakah terdapat pengaruh positif antara online customer review terhadap purchase intention; seberapa besar pengaruh advertising terhadap purchase intention dengan online customer review sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini melalui wawancara, studi kepustakaan, angket (kuesioner). Sampel yang diambil adalah 100 konsumen marketplace Lazada di Ciamis menggunakan teori Hair et al. Dengan menggunakan uji korelasi, uji validitas, uji reabilitas, uji regresi hirarki dan uji koefesien determinasi untuk melihat perubahan R. Berdasarkan hasil penelitian, advertising terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase intention. Besarnya pengaruh antara advertising terhadap purchase intention yaitu sebesar 59,1% yang didapat dari hasil R2 yaitu 0,591. Online customer review terbukti berpengaruh terhadap purchase intention secara positif dan signifikan. Besarnya pengaruh online customer review terhadap purchase intention yaitu sebesar 58,7% yang didapat dari hasil R yaitu 0,587. Variabel moderasi terbukti memperkuat pengaruh antara advertising terhadap purchase intention. Hal ini ditunjukkan dari nilai R2 yang bertambah yaitu 0,059 atau sebesar 5,9% dari nilai sebelumnya yaitu 0,587 atau 58,7% menjadi 0,646 atau sebesar 64,6%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Advertising; Purchase Intention; Online Customer Review; |
Subjects: | General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Ade Tira Amelia |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:52 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90532 |
Actions (login required)
View Item |