Hubungan sikap Tawakal dengan tingkat kecemasan akademik remaja usia Middle Adolescent : Studi penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa-siswi kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Bandung

Nurhaeni, Jihan (2024) Hubungan sikap Tawakal dengan tingkat kecemasan akademik remaja usia Middle Adolescent : Studi penelitian kuantitatif deskriptif pada siswa-siswi kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, dalam latar belakang penelitian, penulis tertarik kepada salah satu kasus permasalahan yang terdapat diluar lingkungan secara global, antaranya terdapat berbagai permasalahan psikologis yang complex di alami oleh remaja, salah satu nya di era perkembangan zaman yang begitu pesat, dan berimbas kepada masalah pendidikan akademik. Dalam hal ini penulis menelusuri lebih lanjut, dengan mencari berbagai teori yang berkenaan dengan sebab pemicu permasalahan tersebut. Seperti yang sudah diketahui di latar belakang penelitian, bahwa; faktor yang menyebabkan seseorang mengalami permasalahan psikologis diakibatkan oleh anxiety (perasaan cemas), dan tension (tegang) (Maslahat, 2021, p. 78), yang menyebabkan munculnya keluhan-keluhan emosional tidak terkendali, serta mempengaruhi kepada lingkup persoalan pendidikan akademik (kecemasan akademik) (Rola, 2013, p. 6). Perlunya penangan lebih lanjut yang harus diberikan oleh berbagai pihak, untuk memberikan pembinaan akhlak kepada remaja, salah satunya usia middle adolescent (siswa dan siswi), dengan contoh; melalui sikap tawakal yang terdapat dalam konsep Islam, sebagai bentuk penyerahan segala urusan permasalahan hidup kepada Allah SWT, agar terbebas dari masalah-masalah duniawi yang negatif dan bersifat psikologis, seperti hal nya kecemasan akademik. Dengan permasalahan yang terdapat, penulis mengajukan rumusan masalah dan hipotesis penelitian, dengan tujuan ingin mengetahui apakah terdapat hubungan tawakal dengan kecemasan akademik. Sehingga pengajuan tersebut antaranya; H1 dan H0, H1 (terdapat hubungan tawakal dengan kecemasan akademik), dan sedangkan H0 (tidak terdapat hubungan tawakal dengan kecemasan akademik). Penulis melakukan penelitian lebih lanjut dengan mengambil data penelitian, melalui penyebaran kuisioner (angket) kepada 87 remaja usia middle adolescent (siswa dan siswi) kelas X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Bandung. Data hasil dari penyebaran kuisioner (angket) tersebut, di analisis oleh penulis dengan pendekatan kuantitatif, melalui berbagai uji-uji statistik yang di ukur menggunakan aplikasi software SPSS (Statistical Program for Social Science) for windows versi 26, yang salah satunya adalah uji regresi sederhana dengan menghasilkan; tabel 4.16, serta hasil perhitungan Ttabel yang menunjukan titik; Thitung harus lebih besar dari Ttabel, atau nilai yang diperoleh adalah 7.615 > 1.988, dan nilai signifikansi kurang dari 0.05 (0.00). Sehingga berdasarkan pengajuan hipotesis, hasil H0 adalah ditolak (tidak terdapat hubungan tawakal dengan kecemasan akademik), sedangkan H1 dapat diterima, dengan (terdapat hubungan variabel tawakal dengan variabel kecemasan akademik). Hasil hubungan antar variabel tersebut dapat diinterpretasikan melalui hasil model summary (uji koefisien determinasi) yang menunjukan; nilai R Square berada pada angka 0.406 atau 40.6% dengan keterangan; hubungan tawakal dengan kecemasan akademik berada pada tingkatan sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tawakal; Kecemasan Akademik; Remaja Middle Adolescent
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam
Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Jihan Nurhaeni
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:12
Last Modified: 09 Jul 2024 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90551

Actions (login required)

View Item View Item