Persepsi generasi milenial mengenai berita pilpres: Studi fenomenologi generasi milenial Desa. Cilame mengenai berita pilpres di TvOneNews.com

Ayuningtyas, Lidya Dwi (2024) Persepsi generasi milenial mengenai berita pilpres: Studi fenomenologi generasi milenial Desa. Cilame mengenai berita pilpres di TvOneNews.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy

Abstract

Media dan politik merupakan dua hal yang berjalan beriringan dan tidak dapat dipisahkan. Dengan adanya media, para politikus dengan mudah dan cepat dapat untuk memberikan informasi serta memperkenalkan diri mereka kepada khalayak publik. Hal tersebut tentu menjadi perhatian yang terlihat di publik, terutama generasi milenial yang memiliki tingkat pemikiran kritis. Dengan adanya kaitan suatu media dengan afiliasi politik menjadikan sebuah tanda tanya generasi milenial mengenai kode etik sebuah media yang dimana harus terdapat objektifitas dan netralitas di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi generasi milenial RW.20 Desa. Cilame mengenai berita pilpres yang dipublikasikan oleh TvOneNews.com. Melihat bagaimana penerimaan generasi milenial terhadap berita pilpres TvOneNews.com. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persepsi generasi milenial RW.20 Desa. Cilame mengenai pemahaman serta penilaian berita pilpres pada portal berita TvOneNews.com apakah sudah menjadi media yang objektif dan netral. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Studi Fenomenologi dengan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dan memperoleh data berupa kata – kata verbal. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma kontrutivisme, hal tersebut karena sepadan dengan menekan keterlibatan mengenai sudut pandang terhadap suatu pemberitaan politik media baca online pada era pemilu. Berdasarkan hasil penelitian beserta data yang diperoleh di lapangan, generasi milenial RW.20 Desa. Cilame menjadikan TvOneNews.com sebagai sumber informasi berita pilpres di media online. Hal tersebut dapat terlihat dari berita yang dipublikasikan mengenai segala informasi dari setiap pasangan bakal calon presiden. Generasi milenial RW.20 Desa. Cilame menilai bahwa portal berita TvOneNews.com merupakan media yang objektif dalam mempublikasikan pemberitaan, namun menilik kenetralitasan TvOneNews.com terhadap berita politik terdapat kemiringan atau keperpihakan. Penelitian tentang persepsi generasi milenial mengenai berita pilpres ini dapat menjadi manfaat bagi peneliti selanjutnya serta diharapkan supaya peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih meluas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: generasi milenial; politik; pemilihan presiden; media online; TvOneNews.com
Subjects: Critical Philosophy > Phenomenology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: lidya dwi ayuningtyas
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:13
Last Modified: 10 Jul 2024 01:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90649

Actions (login required)

View Item View Item