Infografis sebagai bentuk pengemasan berita: Analisis semiotika ilustrasi infografis berita Palestina-Israel pada media online Cnbcindonesia.com

Azami, Keisya Calista (2024) Infografis sebagai bentuk pengemasan berita: Analisis semiotika ilustrasi infografis berita Palestina-Israel pada media online Cnbcindonesia.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

KEISYA CALISTA AZAMI, “Infografis Sebagai Bentuk Pengemasan Berita (Analisis Semiotika Ilustrasi Infografis Berita Palestina-Israel Pada Media Online CNBCINDONESIA.COM)” Pengemasan berita dalam bentuk infografis merupakan suatu bentuk tampilan berita pada media online. Penyajian informasi dalam visualisasi yang lebih menarik juga menjadi salah satu alasan utama masyarakat lebih memilih media online. Infografis adalah media informasi yang disajikan dalam bentuk teks dan dikaitkan dengan beberapa elemen visual seperti gambar, ilustrasi, bagan, dan tipografi. Di era digital seperti sekarang, infografis menjadi cara paling efektif untuk menyampaikan sebuah informasi. Pemilihan warna, pengunaan font, ilustrasi dalam infografis menjadi nilai penting bagi para pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis limabelas ilustrasi yang terdapat pada lima infografis berita konflik Palestina-Israel yang di muat media online Cnbcindonesia.com berdasarkan analisis semiotika Charles Sanders Peirce melalui konsep segita makna (triangle of meaning) yang terdiri dari tiga aspek yaitu Sign, Object, Interpretant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Dari hasil penelitian ini bahwa media online Cnbcindonesia.com menyajikan ilustrasi pada infografis berita Palestina-Israel menunjukan bahwa ilustrasi yang disajikan terdapat tiga aspek. Pada tahap sign peneliti menemukan tanda seperti warna-warna, karakter, latar belakang, benda-benda mati dan kegiatan manusia. Lalu pada tahap object terdapat warna yang menyimbolkan sebuah perasaan, benda-benda yang digunakan, tempat melakukan dan aktivitas yang terjadi. Dan yang terakhir tahap interpretant, peneliti menemukan pesan yang disimpulkan yakni, konflik yang terus berkelanjutan memiliki berbagai jenis dampak dari segi kemanusiaan, ekonomi, politik baik dari kedua negara tersebut atau bagi internasional serta meningkatkan kesadaran bagi pembaca mengenai urgensi perdamaiaan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian tersebut, terdapat beberapa saran yang dapat menjadi masukan, pertama: persoalan Konflik dapat direfleksikan melalui ilustrasi, sebab ilustrasi lebih memudahkan pembaca dalam menggambarkan dan memahami sesuatu. Kedua: Penelitian mengenai ilustrasi infografis tidak hanya mengkaji mengenai bagaimana infografis sebagai pengemasan sebuah berita, namun juga dapat mengkaji mengenai makna dibalik ilustrasi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi Infografis; Palestina-Israel; Semiotika; Cnbcindonesia.com; Media Online
Subjects: Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Keisya Calista Azami
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:20
Last Modified: 09 Jul 2024 07:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90650

Actions (login required)

View Item View Item