Pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin tehadap pertumbuhan laba pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah (ISSI): Studi di PT. Gajah Tunggal Tbk. periode 2013-2022

Setya, Dinie Rafilah (2024) Pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin tehadap pertumbuhan laba pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah (ISSI): Studi di PT. Gajah Tunggal Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasio keuangan yaitu cara membandingkan data keuangan perusahaan sehingga menjadi berarti. Rasio keuagan menjadi dasar untuk menjawab beberapa pertanyaan penting mengenai keadaan keuangan suatuperusahaan dengan menganalisis laporan keuangan menggunakan rasio keuangan. Menejer dapat mengambil keputusan mengenai keuangan perusahaan masa yang akan datang. Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio) rasio ini digunakan untuk mengukur efisiensi suatu perusahaan dalam menggunakan aktivanya, efesiensi ini dikaitkan dengan penjualan yang berhasil diciptakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin secara parsial terhadap Pertumbuhan Laba. Serta untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin dan Gross Profit Margin secara simultan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah (ISSI) Studi PT. Gajah Tunggal Tbk Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa apabila Net Profit Margin naik maka Pertumbuhan Laba pun akan ikut naik, begitupun dengan Gross Profit Margin, apabila Gross Profit Margin mengalami kenaikan maka Pertumbuhan Laba pun akan naik. Penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan koefisien determinasi 4,4%. Gross Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan koefisien determinasi 33,7. Net Profit Margin dan Gross Profit Margin tidak berpengaruh simultan secara signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan koefisien determinasi 36,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Gross Profit Margin; Pertumbuhan Laba
Subjects: Econmics
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: DinieRafilah Setya
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:01
Last Modified: 15 Jul 2024 06:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90705

Actions (login required)

View Item View Item