Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor Consumer Goods Industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022

Hasanah, Vionny Maya Pancarani (2024) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor Consumer Goods Industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (854kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan penanaman sejumlah dana atau modal tertentu pada saat ini dengan harapan memperoleh sejumlah keuntungan tertentu di masa yang akan datang. Sebelum melakukan investasi, investor sebaiknya melakukan analisa terhadap laporan keuangan suatu perusahaan, para investor pun harus memahami risikonya, oleh karena itu sebelum berinvestasi, investor membutuhkan indikator yang baik yaitu Return On Equity (ROE) untuk mengambil keputusan investasi. Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) merupakan beberapa rasio yang mempengaruhi Return On Equity (ROE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) baik secara parsial maupun simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan sektor Consumer Goods Industry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2013-2022. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Asset Turnover (TATO), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Equity (ROE) yang dimiliki. Sedangkan ketika Debt to Equity Ratio (DER) mengalami kenaikan, maka Return On Equity (ROE) akan menurun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan publikasi di website resmi masing-masing perusahaan sektor Consumer Good Industry. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, analisis uji regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan software eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Total Asset Turnover (TATO) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai t_hitung < t_tabel yaitu 0,881983 < 2,02619 dan nilai signifikansi sebesar 0,3835 > 0,05. 2) Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 2,038669 > 2,02619 dan signifikasi sebesar 0,0487 < 0,05 3) Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai F_hitung > F_tabel yaitu 4.630575 > 3.25192 dan nilai probabilitas sebesar 0.016041 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 20,02% sedangkan sisanya sebesar 79,98% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Equity (ROE).
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Vionny Maya Pancarani Hasanah
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:06
Last Modified: 10 Jul 2024 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90778

Actions (login required)

View Item View Item