Efektivitas bimbingan dan konseling untuk meningkatkan Self Efficacy : Penelitian pada siswa di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Huda Bogor

Aliffudin, Faizal (2024) Efektivitas bimbingan dan konseling untuk meningkatkan Self Efficacy : Penelitian pada siswa di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Huda Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah kehidupan, individu tidak lepas dari sebuah permasalahan, dalam proses pemecahan masalah, berbagai keterampilan menjadi sangat penting dan di perlukan, terkhusus sebuah keyakinan pada diri seorang siswa terhadap kemampuannya dalam mengambil sebuah keputusan. peranan Self Efficacy cukup pentng dalam mencapai sebuah keberhasilan yang diharapkan seorang siswa khususnya dalam karir mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perubahan pada diri siswa mengeni Self Efficacy mereka, apakah ada perubahan/ efek yang siswa rasakan pada saat sebelum adanya bimbingan dan konseling dan setelah adanya proses bimbingan dan konseling pada siswa MA Tarbiyatul Huda Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statitika nonparametrik yaitu uji T berpasangan sebagai sebuah desain penelitiannya. Adapun populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah sebnayak 188 orang siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 65 orang siswa. Hasil uji T berpasangan dalam penlitian ini adalah sig 0,000 < 0,5. Dengan demikian, berdasarkan kriteria uji dalam pengambilan Keputusan uji T berpasangan jika nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan terima H1 yang artinya terdapat perubahan peningktan Self Efficacy pada siswa setelah adanya bimbingan dan konseling, sedangkan mean dalam hasil uji ini ialah pada saat pretest sebesar 82,63% sedangkan pada saat postest sebesar 86,72 % terdapat peningkatan sebesar 4,09%. Maka dengan demikian, kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah H0 di tolak, yaitu terdapat perubahan Self Efficacy pada siswa setelah adanya proses bimbingan dan konseling dengan besar perubahan tersebut sebesar 4,09% dalam meningkatkan Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Konseling; Self Efficacy
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: faizal aliffudin aliffudin
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:58
Last Modified: 11 Jul 2024 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91149

Actions (login required)

View Item View Item