Analisis budaya ngopi sebagai gaya hidup baru di kalangan mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa Sosiologi angkatan 2020-2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Sisca, Elya (2024) Analisis budaya ngopi sebagai gaya hidup baru di kalangan mahasiswa: Penelitian pada mahasiswa Sosiologi angkatan 2020-2023 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fakta tentang maraknya budaya ngopi di kalangan mahasiswa khususnya pada mahasiswa sosiologi. Mahasiswa sosiologi yang memiliki banyak perbedaan masing-masing dalam melakukan kegiatan ngopi. Peneliti ingin menyatakan mahasiswa sosiologi melakukan aktivitas baru dengan adanya budaya ngopi yang menjadi salah satu gaya hidup baru saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hal yang mendasari Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2020-2023 memilih dan minat terhadap Budaya Ngopi. Selain itu, Penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab aktivitas mahasiswa di coffee shop serta dampak dari Budaya ngopi terhadap gaya hidup baru Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2020-2023. Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber yang digunakan sebagai analisis budaya ngopi di kalangan mahasiswa sosiologi. Menurut teori tersebut terdapat empat jenis yaitu Tindakan Tradisional, Tindakan Afektif, Rasionalitas Instrumental, dan Rasionalitas Nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif untuk menganalisis lebih jauh mengenai budaya ngopi sebagai gaya hidup baru dikalangan mahasiswa sosiologi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu teknik wawancara semi struktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa budaya ngopi di kalangan mahasiswa sosiologi sangat diminati dan dipilih karena banyak hal. Faktor yang menyebabkan budaya ngopi banyak diminati di kalangan mahasiswa yaitu karena meningkatnya coffee shop di sekitar masyarakat sosiologi. Coffee shop merupakan yang banyak dipilih juga karena interior serta tempatnya yang bagus dikarenakan fasilitas yang memadai dan menu yang ramah dikantong dan perut menjadikan tempat ini sangat dicari oleh para mahasiswa untuk dijadikan tempat nongkrong dan mengerjakan tugas serta memenuhi gengsi masyarakat yang kekinian meningkat dari waktu ke waktu. Mahasiswa juga memilih ngopi karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalam coffee shop, Seperti mengerjakan tugas perkuliahan, berkumpul bersama teman, diskusi, dan lainnya. Budaya ngopi di kalangan mahasiswa saat ini juga cenderung berdampak pada gaya hidup karena mahasiswa memilih ngopi ke coffee shop itu bukanlah untuk memenuhi kebutuhan biologis saja, akan tetapi sebagai bentuk pemenuhan hasrat diri mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Ngopi; Gaya Hidup; Mahasiswa
Subjects: Ethics of Social Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sisca Elya
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:14
Last Modified: 12 Jul 2024 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91348

Actions (login required)

View Item View Item