Salsabila, Syifa (2024) Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan mix method dengan metode Research and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI 4. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase kelayakan dari hasil validasi media, perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dari lembar observasi, serta perhitungan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan N-gain, dan uji hipotesis (paired sampel t-test) pada lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa (1) media pembelajaran Articulate Storyline 3 mendapatkan persentase 87% dikategorikan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan penafsiran keterlaksanaan baik, dan (3) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning pada materi gelombang bunyi dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan penafsiran tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Articulate Storyline 3; Model Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Teknik Pomodoro |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Syifa Salsabila |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91519 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Teknik Pomodoro Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi. (deposited 15 Jul 2024 07:10) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |