Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi

Salsabila, Syifa (2024) Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Gelombang Bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning, dan (3) peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery learning. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan mix method dengan metode Research and Development (R&D), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI 4. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase kelayakan dari hasil validasi media, perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dari lembar observasi, serta perhitungan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan N-gain, dan uji hipotesis (paired sampel t-test) pada lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa (1) media pembelajaran Articulate Storyline 3 mendapatkan persentase 87% dikategorikan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi gelombang bunyi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning memperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan penafsiran keterlaksanaan baik, dan (3) Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning pada materi gelombang bunyi dengan nilai N-gain sebesar 0,78 dengan penafsiran tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan teknik Pomodoro berbasis model Discovery Learning pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Articulate Storyline 3; Model Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Teknik Pomodoro
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Syifa Salsabila
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:10
Last Modified: 15 Jul 2024 07:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91519

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item