Awaliah, Anisa Nur (2024) Penerapan strategi Know-Want to know-Learn (KWL) berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV: Penelitian quasi eksperiment di MIS YAPINUR Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di MIS YAPINUR Kabupaten Garut masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan, berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan tes diperoleh informasi bahwa peserta didik sering merasa jenuh pada saat pembelajaran membaca, kurangnya penerapan strategi pembelajaran yang beragam serta minimnya pengaplikasian media pembelajaran, dan didukung oleh hasil tes yang menunjukkan bahwa 25 peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM dan 3 peserta didik yang memperoleh nilai melebihi KKM dengan nilai rata-rata 51,15. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum, proses, sesudah dan adanya peningkatan dalam penerapan strategi pembelajaran Know-Want to know�Learn (KWL) berbantuan media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini, subjek yang diteliti adalah tiga kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen I menggunakan strategi KWL berbantuan media gambar seri, kelas IV-B sebagai kelas eksperimen II menggunakan strategi KWL tanpa media gambar seri, dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol menggunakan strategi ekspositori. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca pemahaman sebelum dan sesudah intervensi, dan dianalisis menggunakan uji ANOVA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat atau tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang menerapkan strategi KWL berbantuan media gambar seri, strategi KWL, dan strategi ekspositori. Hasil penelitian ini, berdasarkan rumusan masalah yang diajukan, pertama menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebelum diberi perlakuan diperoleh kesimpulan pada kelas eksperimen I sebesar 24,14 (kurang), pada kelas eksperimen II sebesar 21,27 (kurang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20,20 (kurang). Kedua, dari hasil analisis lembar observasi guru dan peserta didik pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Ketiga, pada nilai rata-rata posttest setelah diberi perlakuan diperoleh kesimpulan pada kelas eksperimen I sebesar 83 (sangat baik), pada kelas eksperimen II sebesar 80,47 (sangat baik), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,30 (baik). Keempat, pada nilai N-Gain diperoleh nilai signifikansi 0,002 dengan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dari ketiga kelas tersebut setelah diberi perlakuan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman; Strategi KWL; Media Gambar Seri; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anisa Nur Awaliah |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:01 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91897 |
Actions (login required)
View Item |