Pengembangan modul Virtual Laboratory berbasis Inquiry-Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika materi Hukum Newton

Putri, Nurhalia Maulida (2024) Pengembangan modul Virtual Laboratory berbasis Inquiry-Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika materi Hukum Newton. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Tantangan yang ada pada perubahan industri di awal abad 21 mengharuskan peserta didik mengasah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengukur kelayakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving serta meninjau peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif. MAN 1 Kota Bogor menjadi tempat dalam penelitian ini dengan sampel penelitian kelas XI-5 yang berjumlah 33 peserta didik. Model penelitian yang digunakan model ADDIE dengan metode penelitian R&D. Data hasil penelitian pada kelayakan modul v-lab melalui uji Gregory memperoleh nilai 1,00 yang berarti sangat layak, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran AABTLT with SAS pada pertemuan pertama memperoleh sebesar 87%, pertemuan kedua 80%, pertemuan ketiga sebesar 87% dengan rerata sebesar 85% dengan interpretasi efektif. Hasil uji N-Gain Pretest-Postest sebesar 0,78 dan hasil uji hipotesis menggunakan Wilcoxon sign rank menghasilkan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan interpretasi terdapat peningkatan KPM yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul v-lab; Inquiry-problem solving; Keterampilan pemecahan masalah; Hukum Newton
Subjects: Education > Statistic of Education
Secondary Education > Academic and Vocational School
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurhalia Maulida Putri
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:34
Last Modified: 19 Jul 2024 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92280

Actions (login required)

View Item View Item