Putri, Nurhalia Maulida (2024) Pengembangan modul Virtual Laboratory berbasis Inquiry-Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika materi Hukum Newton. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Tantangan yang ada pada perubahan industri di awal abad 21 mengharuskan peserta didik mengasah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengukur kelayakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving serta meninjau peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif. MAN 1 Kota Bogor menjadi tempat dalam penelitian ini dengan sampel penelitian kelas XI-5 yang berjumlah 33 peserta didik. Model penelitian yang digunakan model ADDIE dengan metode penelitian R&D. Data hasil penelitian pada kelayakan modul v-lab melalui uji Gregory memperoleh nilai 1,00 yang berarti sangat layak, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran AABTLT with SAS pada pertemuan pertama memperoleh sebesar 87%, pertemuan kedua 80%, pertemuan ketiga sebesar 87% dengan rerata sebesar 85% dengan interpretasi efektif. Hasil uji N-Gain Pretest-Postest sebesar 0,78 dan hasil uji hipotesis menggunakan Wilcoxon sign rank menghasilkan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan interpretasi terdapat peningkatan KPM yang signifikan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modul v-lab; Inquiry-problem solving; Keterampilan pemecahan masalah; Hukum Newton |
| Subjects: | Education > Statistic of Education Secondary Education > Academic and Vocational School Applied Physics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Nurhalia Maulida Putri |
| Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:34 |
| Last Modified: | 19 Jul 2024 02:34 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



