Putri, Nurhalia Maulida (2024) Pengembangan modul Virtual Laboratory berbasis Inquiry-Problem Solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika materi Hukum Newton. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Tantangan yang ada pada perubahan industri di awal abad 21 mengharuskan peserta didik mengasah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengukur kelayakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul v-lab berbasis inquiry-problem solving serta meninjau peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif. MAN 1 Kota Bogor menjadi tempat dalam penelitian ini dengan sampel penelitian kelas XI-5 yang berjumlah 33 peserta didik. Model penelitian yang digunakan model ADDIE dengan metode penelitian R&D. Data hasil penelitian pada kelayakan modul v-lab melalui uji Gregory memperoleh nilai 1,00 yang berarti sangat layak, efektivitas pembelajaran dalam keterlaksanaan pembelajaran AABTLT with SAS pada pertemuan pertama memperoleh sebesar 87%, pertemuan kedua 80%, pertemuan ketiga sebesar 87% dengan rerata sebesar 85% dengan interpretasi efektif. Hasil uji N-Gain Pretest-Postest sebesar 0,78 dan hasil uji hipotesis menggunakan Wilcoxon sign rank menghasilkan signifikansi sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan interpretasi terdapat peningkatan KPM yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul v-lab; Inquiry-problem solving; Keterampilan pemecahan masalah; Hukum Newton |
Subjects: | Education > Statistic of Education Secondary Education > Academic and Vocational School Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurhalia Maulida Putri |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92280 |
Actions (login required)
View Item |