Sugianto, Rieke Meilani (2024) Pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai platform pemberitaan: Studi deskriptif pada akun Tiktok Pikiran Rakyat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk melihat sejauh mana pemanfaatan media sosial tiktok sebagai penyebaran berita. Sebab, kini media sosial tiktok merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan, khususnya oleh kalangan remaja atau Gen Z. Lalu media cetak seperti koran tidak lagi aktif untuk menyebarkan informasi, sehingga adanya kepentingan bagi media pers untuk tetap eksis di tengah perkembangan teknologi. Adapun karena media pers tetap menjadi alat kontrol sosial dan menjadi penghubung masyarakat dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui intensitas penggunaan tik tok akun @pikirankayat sebagai media penyebaran berita, mengetahui dan menguraikan pengelolaan isu tik tok akun @pikirankayat sebagai media penyebaran berita, menguraikan pengaruh akun di akun tik tok @pikirankayat sebagai penyebaran berita. Penelitian ini menggunakan teori media baru. Teori ini menekankan tentang adanya perkembangan teknologi digital dengan dua asumsi yaitu interaksi sosial dan integrasi sosial. Sehingga menjelaskan jika media baru memungknkan masyarakat berkomunikasi tanpa interaksi tatap muka. Pun, karena media konvensional memiliki peluang interaksi yang kecil dibanding media baru yang lebih interaktif, contohnya media sosial tiktok. Metode penelitian yang digunakan ialah studi deskriptif yang menjelaskan dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi sesuai dengan fakta dan datanya. Lalu paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme. Paradigma ini menganggap bahwa tidak ada realitas ataupun kebenaran secara tunggal. Adapun dalam pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, studi kepustakaan dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan jika dismpulkan bahwa Pikiran Rakyat telah memanfaatkan akun tiktok sebagai media penyebaran berita dengan maksimal. Terlihat dengan mempublikasikan konten berita dengan isu politik, ekonomi hingga olahraga. Selain itu, mengeloa dan mengemas pemberitaan tersebut sesuai dengan dasar-dasar jurnalistik. Adapun menghasilkan pengaruh dari audien Gen Z dan dampak positif yang dirasakan secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberitaan; Media Sosial; Pikiran Rakyat |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | RIEKE MEILAN SUGIANTO |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:56 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92286 |
Actions (login required)
View Item |