Penerapan metode Nurul Bayan untuk meningkatkan kualitas Tahsin Al-Qur'an siswa kelas VIII MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung

Ningsih, Julia (2024) Penerapan metode Nurul Bayan untuk meningkatkan kualitas Tahsin Al-Qur'an siswa kelas VIII MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VIII di MTs Kifayatul Achyar Kota Bandung bahwa terdapat 20% dari siswa yang sudah mampu membaca Al-Qur’an disertai dengan pemahaman mengenai kaidah ilmu tajwid dan 80% siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Salah satu sebab terjadinya hal tersebut adalah kurangnya kesadaran bahwa membaca Al-Qur’an itu harus disertai dengan tajwid-nya dan penggunaan metode yang kurang tepat. Sehingga terjadinya banyak siswa yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an, akan tetapi ketika ditanya mengenai hukum-hukum bacaan atau kaidah tajwid siswa belum mampu menjelaskannya. Maka bisa dikatakan bahwa masih banyak siswa yang kualitas tahsin Al-Qur’annya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan metode Nurul Bayan untuk meningkatkan kualitas tahsin Al-Qur’an (2) Mengetahui peningkatan kualitas tahsin Al-Qur’an (3) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikansi dalam kualitas tahsin Al-Qur’an antara siswa yang menggunakan metode Nurul Bayan dengan siswa yang tidak menggunakan metode Nurul Bayan. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa metode Nurul Bayan dapat meningkatkan kualitas tahsin Al-Qur’an, karena cara belajar Al-Qur’an secara cepat, tepat dan praktis, waktu pertemuan yang lebih singkat, menekankan membaca dengan benar sesuai kaidah hukum tajwid secara terperinci beserta matan tuhfatul atfal dan pelajaran tersusun secara sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Nurul Bayan dapat meningkatakan kualitas tahsin Al-Qur’an siswa dengan persentase pertemuan pertama sebesar 72%, pertemuan kedua sebesar 84% dan pertemuan ketiga sebesar 92% (2) Peningkatan kualitas tahsin Al-Qur’an termasuk pada katagori tinggi serta efektif dengan nilai rata-rata 85,00 dan nilai N-Gain 71,7%. (3) Terdapat perbedaan yang signifikansi siswa yang menggunakan metode Nurul Bayan dengan peningkatan sebesar 19,33 dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metode Nurul Bayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode Nurul Bayan; kualitas tahsin Al-Qur'an; materi tajwid
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Julia Ningsih
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:45
Last Modified: 29 Jul 2024 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92738

Actions (login required)

View Item View Item