Pengaruh strategi Think-Read-Group-Share-Reflect (TRGSR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi

Aini, Dinda Nurul (2024) Pengaruh strategi Think-Read-Group-Share-Reflect (TRGSR) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik cenderung tidak percaya diri dalam mengajukan pertanyaan mengenai suatu permasalahan, kurang dalam memahami dan mengungkapkan makna dari suatu data, kurang dalam menilai kredibilitas suatu sumber, kurang dalam membenarkan suatu alasan dengan bukti yang kuat, dan kurang mampu untuk mengatasi pemikiran yang hanya dilandasi prasangka belaka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi TRGSR terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group. Hasil penelitian di kelas dengan strategi TRGSR menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90,47% dan peserta didik sebesar 88,09% dengan kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi di kelas dengan strategi TRGSR memiliki nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan krtiteria tinggi, sementara pada kelas tanpa strategi TRGSR sebesar 0,57 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,026 (< 0,05) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga strategi TRGSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Respon peserta didik terhadap pembelajaran sistem reproduksi terhadap kelas dengan strategi TRGSR sebesar 74,06% dengan kategori baik, sementara kelas tanpa TRGSR sebesar 73,81% dengan kategori baik pula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Sistem Reproduksi; Think-Read-Group-Share-Reflect
Subjects: Ethics of Sex and Reproductions
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dinda Nurul Aini
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:03
Last Modified: 09 Aug 2024 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93298

Actions (login required)

View Item View Item