Manajemen pembelajaran tahfizh al-qur'an untuk meningkatkan keberhasilan hafalan santri: Penelitian di Pesantren Tahfizh Daarul Uluum Lido Bogor

Nabilah, Siti (2024) Manajemen pembelajaran tahfizh al-qur'an untuk meningkatkan keberhasilan hafalan santri: Penelitian di Pesantren Tahfizh Daarul Uluum Lido Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul Uluum Lido adalah salah satu sekolah dibawah naungan Yayasan Salsabila Lido, yang pembelajarannya tidak saja fokus pada pelajaran sekolah akan tetapi pesantren ini juga menjadikan tahfizhul Qur’an sebagai salah satu fokus pembelajarannya. Perkembangan target hafalan Qur’an yang dicapai dapat dilihat dari target hafalan Qur’an bagi seluruh santri di tahun ajaran 2015-2016 sampai dengan tahun ajaran 2018-2019 adalah 4 Juz mutqin, target hafalan bertambah menjadi 8 Juz mutqin di tahun ajaran 2020 sampai saat ini. Adapun tujuan penelitian ini: mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi yang keseluruhannya untuk menjawab permasalahan tentang manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul Uluum Lido. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala bagian kurikulum, koordinator bagian pengembangan dan pengajar Qur’an, Musyrif/ah (guru tahfizh) serta perwakilan santri. Penelitian ini dihasilkan beberapa temuan dalam manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an, yang meliputi: (1) Perencanaan manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul Uluum Lido dilakukan melalui (a) merumuskan visi, misi, dan tujuan pesantren, (b) Merumuskan tujuan khusus kurikulum tahfizh Al-Qur’an, (c) Menentukan kurikulum tahfizh Al-Qur’an, (d) Merencanakan kegiatan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. (2) Pengorganisasian manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido yaitu pengelolaan program pembelajaran dilaksanakan dengan upaya untuk menentukan pelaksanaan tugas dengan jelas kepada setiap personil pesantren sesuai bidang, wewenang, mata pelajaran, dan tanggung jawabnya. (3) Pelaksanaan manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido, meliputi (a) kegiatan pendahuluan, inti dan penutup (b) Sistem pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an, dengan setoran satu hari satu halaman (c) Metode yang digunakan adalah metode talaqqi/face to face, saling menyimak (berpasangan), wahdah, dan murajaah (d) Penyelenggaraan rapat guna mengurai permasalahan-permasalahan yang ada. (4) Pengawasan manajemen kurikulum terdapat proses evaluasi, diantaranya meliputi (a) Evaluasi yang dilakukan yaitu mingguan, bulanan, 3 bulanan, semesteran dan tahunan (b) Penilaian yang dilakukan melalui penilaian setoran hafalan, murajaah hafalan, juziyyah, 2 juz sekali duduk, 3 juz sekali duduk, 4 juz sekali duduk dan 8 juz sekali duduk (c) Manajemen kurikulum tahfizh Al-Qur’an Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido berdampak positif terhadap kualitas hafalan santri, hal ini dilihat dari hasil ujian tasmi’ akbar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; Hafalan Santri
Subjects: Islam Umum
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nabilah
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:10
Last Modified: 19 Aug 2024 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93710

Actions (login required)

View Item View Item