Pengaruh metode OSINT pada program buka mata terhadap tingkat peminat berita di channel Youtube Narasi Newsroom

Pantjita, Nurul (2024) Pengaruh metode OSINT pada program buka mata terhadap tingkat peminat berita di channel Youtube Narasi Newsroom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Metode untuk menyebarkan informasi dan membuat berita semakin bervariatif serta menciptakan konten yang lebih menarik dan lebih adaptif mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu metode yang berhasil menarik perhatian peneliti adalah metode OSINT (Open Source Intelligence). OSINT mulai dikenal di Indonesia melalui program Buka Mata Narasi Newsroom, dan telah memanfaatkan hal tersebut untuk menguak fakta-fakta menarik di balik beberapa tragedi-tragedi besar Indonesia menggunakan metode OSINT. Salah satu metode OSINT yang diterapkan oleh Narasi Newsroom ialah terkait “Tragedi Kanjuruhan” yang memakan lebih dari seratus korban meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode OSINT pada program Buka Mata di channel youtube Narasi Newsroom terhadap tingkat peminat berita, dengan mencari indikator metode OSINT dan pengaruh apa saja yang menarik minat khalayak. Peneliti menggunakan metode survey dalam penelitian ini. Metode survey merupakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data dari yang telah terjadi di masa lampau atau saat ini, tentang keyakinan, pendapat, karakteristik, dan perilaku hubungan variabel. Dalam penelitian yang membahas pengaruh metode OSINT ini menunjukkan pendapat responden yang bervariatif dan pengaruh yang cukup kuat. Dalam penerapam metode OSINT terdapat beberapa indikator yang mendukung metode OSINT ini menjadi layak untuk diterapkan dalam membuat berita. Dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode OSINT pada program Buka Mata di channel youtube Narasi Newsroom terhadap tingkat peminat berita. Pengaruh juga dapat dilihat dari hasil pernyataan kuesioner yang membahas minat melihat berita yang tidak menggunakan metode OSINT dan yang menggunakan. Tingkat presentase minat responden untuk melihat berita mengalami peningkatan, dari 59,4% menjadi 93,75%. Merujuk kepada salah satu asumsi teori uses and gratification yaitu “Audiensi sadar sepenuhnya terhadap ketertarikan, motif dan penggunaan media”. Pada youtube Narasi Newsroom, daya tarik yang dapat dilihat adalah penerapan metode OSINT pada beberapa tayangannya di program Buka Mata. Penerapan metode OSINT pada program "Buka Mata" di channel YouTube Narasi Newsroom memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat peminat berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode OSINT; Peminat Berita; Channel Youtube
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Communications Networks
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nurul Izzah Pantjita
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:50
Last Modified: 19 Aug 2024 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93741

Actions (login required)

View Item View Item