Pengaruh peran pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Muslim, Shafna Alifia (2024) Pengaruh peran pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (16).pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan di lingkungan madrasah tidak hanya memerlukan sarana dan prasarana saja. Namun juga perlu peningkatan peranan pustakawan. Peran pustakawan merupakan tuntutan perpustakaan di lingkungan madrasah. Perpustakaan dengan layanan yang berkualitas membutuhkan peran pustakawan yang handal. Hal tersebut perlu dilakukan seiring dengan perkembangan dan tuntutan teknologi di era saat ini. Akan tetapi, realitas di lapangan terdapat permasalahan dalam layanan yang berkualitas terkhusus di lingkungan Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Kurangnya kualitas layanan tersebut yaitu masih ada peserta didik yang merasa tidak puas akan pelayanan pustakawan, seperti kurangnya komunikasi antar pustakawan dan pengguna, kurangnya koleksi buku yang memadai, kurangnya kontribusi pustakawan dalam melayani kebutuhan para pengguna perpustakaan, serta terdapat pustakawan yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang perpustakaan, sehingga kurangnya pengetahuan akan perpustakaan. Oleh karena itu, diperlukan pustakawan yang kompeten untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan yang efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran pustakawan 2) untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan 3) untuk mengetahui pengaruh peran pustakawan terhadap kualitas layanan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yaitu metode statistik deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 77 peserta didik. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik inferensial (analisis parsial per indikator, dan interpretasi variabel), analisis asumsi (normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji analisis regresi linear sederhana, uji T parsial, dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel (X) peran pustakawan tersebut bernilai 3,55 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”, artinya peran pustakawan dilakukan secara efektif di MTs se-Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, berdasarkan 4 indikator peran pustakawan. Hasil realitas variabel (Y) kualitas layanan perpustakaan menunjukkan nilai sebesar 3,30 yang termasuk dalam kategori “Sedang”, artinya terdapat hasil yang positif tetapi perlu ditingkatkan kembali agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Berdasarkan hasil pengujian koefisiensi determinasi (R Square), diperoleh nilai 0,347 dengan kesimpulan bahwa peran pustakawan memiliki pengaruh sebesar 34,7% terhadap kualitas layanan perpustakaan sedangkan 65,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar Peran Pustakawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pustakawan; Kualitas; Layanan
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
General Management > Education, Research of Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shafna Alifia Muslim
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:11
Last Modified: 21 Aug 2024 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93867

Actions (login required)

View Item View Item