Ariska, Iis Siti (2024) Pengaruh promosi pendidikan berbasis teknologi digital terhadap minat peserta didik memilih melanjutkan studi di madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah swasta se-kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (722kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
Abstract
Dunia pendidikan pada saat ini memiliki persaingan yang semakin ketat, tidak sedikit madrasah yang ditinggalkan oleh peserta didiknya. Terlebih saat ini kompetensi di bidang pendidikan sudah sampai pada titik persaingan berbasiskan teknologi digital. Dalam praktiknya, masih banyak lembaga pendidikan yang melakukan promosi dengan basis konvensional dikarenakan belum optimalnya pengelolaan promosi pendidikan, keterbatasan sumber daya manusia, serta ketatnya persaingan. Namun untuk mempertahankan madrasah agar mampu berdaya saing, mau tidak mau setiap madrasah harus melakukan promosi pendidikan berbasiskan teknologi digital untuk menarik dan mempertahankan minat peserta didik memilih melanjutkan studinya di lima Madrasah Tsanawiyah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi pendidikan berbasis teknologi digital terhadap minat peserta didik dalam memilih melanjutkan studi di Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik deskriptif (parsial per indikator), uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), serta hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Promosi pendidikan berbasis teknologi digital di MTs se-Kota Bandung tergolong pada kualifikasi “Tinggi”, karena berada pada rentang interval 2,50 – 3,24 dengan nilai rata-rata 3,10; (2) Minat peserta didik memilih melanjutkan studi di Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kota Bandung tergolong pada kualifikasi “Tinggi”, karena berada pada rentang interval 2,50 – 3,24 dengan nilai rata-rata 3,05; (3) Promosi pendidikan berbasis teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat peserta didik memilih melanjutkan studi di madrasah, hal ini dibuktikan oleh taraf signifikansi 0,001 < 0,05 dan Thitung = 7,244 > Ttabel = 1,662 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R square) juga diperoleh hasil sebesar 0, 374 yang artinya bahwa promosi pendidikan berbasis teknologi digital terhadap minat peserta didik memilih melanjutkan studi di madrasah yaitu sebesar 37,4 % sedangkan sisanya 62,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti lokasi madrasah, kualitas alumni, orang tua peserta didik, lingkungan sosial dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi Pendidikan; Teknologi Digital; Minat Peserta Didik |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students General Management > Sales Management General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iis Siti Ariska |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 01:35 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93965 |
Actions (login required)
View Item |