Tinjauan Yuridis mengenai Predatory Pricing dalam penyelenggaraan program Campaign E-Commerce ditinjau dari pasal 20 Undang-Undang no 5 tahun 1999 tentang Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat

Haikal, Muhammad Fikry (2024) Tinjauan Yuridis mengenai Predatory Pricing dalam penyelenggaraan program Campaign E-Commerce ditinjau dari pasal 20 Undang-Undang no 5 tahun 1999 tentang Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

E-commerce merupakan platform jual beli yang dilakukan dengan media internet. Setiap platform e-commerce memiliki fitur promosi yang dinamakan program campaign yang dapat digunakan oleh pelaku usaha. Pemberian potongan harga untuk program-program campaign yang tersedia sepenuhnya berada dalam kuasa pelaku usaha. Berdasarkan Average Variable Cost, peneliti menemukan beberapa produk yang terindikasi melakukan praktek predatory pricing dengan menggunakan program campaign, dimana produk yang didaftarkan dijual dengan harga yang sangat rendah, sehingga menimbulkan hambatan bagi pelaku usaha lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana praktek penggunaan program campaign e-commerce dengan system predatory pricing dan untuk mengetahui bagaimana tinjuan Pasal 20 Undang-Undang No 5 Tahun 1999 terhadap penggunaan campaign dengan system predatory pricing di Platform e-commerce. Metode Penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif (descriptive research) yaitu penelitian yang mempunyai tujuan untuk menggambarkan atau melukiskan tentang suatu hal tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif empiris. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pihak customer service e-commerce dan beberapa seller yang berjualan di Platform e-commerce yang menggunakan program campaign. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu seller Movhis dan Demoval dalam tinjauan pasal 20 Undang-undang 5 tahun 1999 telah melakukan kegiatan predatory pricing pada program campaign e-commerce yang didaftarkan. sementara toko Gardini mengguanakan fitur campaign dengan tidak melakukan system predatory pricing karena harga yang ditawarkan berada diatas Average Variable cost.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Predatory Pricing ;Hukum Persaingan Usaha ; Program campaign e-commerce
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Fikry Haikal
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:16
Last Modified: 23 Aug 2024 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94001

Actions (login required)

View Item View Item