Nurdiyanto, Nurdiyanto (2024) Implementasi model pendidikan karakter melalui Jum'at berkarakter dalam pengembangan sikap keberagamaan siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Salin-ABSTRAK.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
Abstract
Pendidikan kita belum menitikberatkan kepada nilai-nilai agama sehingga outcome kita masih sangat minim. Banyak kasus bermunculan seperti kurangnya menciptakan sikap saling menghargai antar teman, berkata tidak jujur kepada guru, kurangnya rasa tanggungjawab, sopan santun kepada yang di atasnya kurang serta budaya menyontek ketika ujian berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap; (1) nilai-nilai ketaatan peribadatan melalui kegiatan dhuha berjama’ah dalam pengembangan sikap keberagamaan siswa; (2) penanaman cinta Al-Qur’an melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam menghayati sikap keberagamaan siswa; (3) Pembentukan pengalaman siswa melalui kegiatan kuliah tujuh menit dalam pengembangan sikap keberagamaan siswa; (4) pembentukan keyakinan siswa melalui kegiatan pembacaan Asmaul Husna dalam Pengembangan sikap keberagamaan siswa. Teori dalam penelitian menggunakan teori Thomas Lickona dalam konsep pendidikan karakter, sedangkan dalam sikap keberagamaan mengadopsi dari teori Charles Y. Glock & Rodney Stark serta program Jum’at berkarakter sendiri sebagai program unggulan sekolah yang berpedoman kepada buku program Jum’at berkarakter. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case studies). Sumber data primer meliputi; Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru PAI dan siswa. Sumber data sekunder meliputi: buku-buku pustaka, artikel jurnal Nasional dan Internasional. Teknik pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, menyajikan data, dan penariakan kesimpulan atau verifikasi data. Uji keabsahan data melalui, uji kreadibility, uji trasnferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) nilai-nilai ketaatan peribadatan melalui kegiatan dhuha berjama’ah dalam pengembangan sikap keberagamaan siswa menjadi terbiasa untuk melakukannya di rumah dan sadar akan hal-hal yang belum pernah dilakukan; 2) penanaman cinta Al-Qur’an melalui kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam menghayati sikap keberagamaan siswa dengan melihat arti dari masing-masing ayat dan membiasakan dalam muraja’ah Al-Qur’an; 3) pembentukan pengalaman siswa melalui kegiatan kuliah tujuh menit dalam pengembangan sikap keberagamaan siswa meliputi; belajar public speaking, dan menjadikan cerminan kepada diri sendiri; 4) pembentukan keyakinan siswa melalui kegiatan pembacaan Asmaul Husna dalam Pengembangan sikap keberagamaan siswa dengan melakukan ibadah di setiap hari dan merasa Allah Swt selalu melihat gerak-gerik manusia dalam kehidupan. Pentingnya penelitian menjadi sebuah percontohan dalam mengembangkan sikap keberagamaan melalui penerapan model pendidikan karakter melalui program Jum’at berkarakter. Sehingga dalam proses pengembangannya dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang berorientasi kepada karakter siswa sehingga akan melakukan tindakan yakni sikap keagamaan yang dibentuk oleh lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pendidikan Karakter; Program Jum’at Berkarakter; dan Sikap Keberagamaan |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Religious Mythology Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurdiyanto . |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 01 Sep 2024 22:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94109 |
Actions (login required)
View Item |