Efektivitas program pendampingan UMKM dalam meningkatkan omset penjualan kuliner di dinas koperasi, usaha kecil dan menengah, perdagangan dan perindustrian Kota Bogor

Azan, Ainyna Rachmadianty (2024) Efektivitas program pendampingan UMKM dalam meningkatkan omset penjualan kuliner di dinas koperasi, usaha kecil dan menengah, perdagangan dan perindustrian Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pendampingan UMKM terhadap peningkatan omset penjualan kuliner di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Program ini dirancang untuk membantu para pelaku UMKM mengembangkan usaha mereka melalui berbagai pelatihan dan workshop yang mencakup aspek promosi, branding, dan pembukuan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memakai teori efektivitas program menurut Budiani (2007), yang mencakup empat dimensi yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara mendalam dengan pelaku UMKM yang telah mengikuti program pendampingan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendampinga ini cukup efektif dalam beberapa aspek. Dari segi ketepatan sasaran, sebagian besar pelaku UMKM berhasil membuat inovasi baru dan memperluas pasar mereka. Namun terkait sosialisasi program, ditemukan bahwa beberapa peserta merasa kurang paham dengan materi yang disampaikan, menunjukkan adanya kebutuhan untuk metode penyampaian yang lebih efektif. Terkait tujuan program, beberapa pelaku usaha mengalami peningkatan omset, namun ada juga yang tidak merasakan peningkatan yang diharapkan. Terakhir dalam hal pemantauan program, evaluasi mingguan yang dilakukan dinilai cukup efektif, meskipun disarankan untuk memisahkan waktu monitoring dan evaluasi dari waktu pembekalan materi. Secara keseluruhan, meskipun program pendampingan ini telah menunjukkan efektivitas dalam beberapa aspek, masih diperlukan beberapa penyesuaian untuk meningkatkan efektivitasnya secara menyeluruh bagi semua peserta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program; UMKM; Omset; Kuliner
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ainyna Rachmadianty Azan
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:55
Last Modified: 29 Aug 2024 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94628

Actions (login required)

View Item View Item