Sani, Erlin Maehwa (2024) Pengaruh disiplin belajar terhadap akhlak al-karimah kepada Allah pada anak berkebutuhan khusus tunarungu: Studi kasus SLB negeri Cicendo kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Anak tunarungu menghadapi tantangan unik dalam proses pembelajaran dan perkembangan akhlak mereka. Kondisi tunarungu tidak hanya mempengaruhi kemampuan komunikasi mereka tetapi juga berdampak pada keterlibatan mereka dalam lingkungan pendidikan yang umumnya dirancang untuk anak-anak dengan pendengaran normal. Disiplin belajar menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan karena anak tunarungu sering kali memerlukan metode dan pendekatan khusus untuk mendukung keberhasilan akademis mereka. Selain itu, pembentukan akhlak pada anak tunarungu juga menjadi perhatian utama, mengingat interaksi sosial mereka yang terbatas dapat mempengaruhi perkembangan akhlak meupun etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dari disiplin belajar dan tingkat akhlakul karimah kepada allah pada anak berkebutuhan khusus tunarungu. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara disiplin belajar terhadap akhlakul karimah kepada allah anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode statistik deskriptif, diproses menggunakan alat bantuan program SPSS versi 26.0 for Windows. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, khususnya simple random sampling, dan melibatkan 38 siswa Tingkat SMA. Pengukuran dilakukan melalui kuesioner tertutup yang merujuk pada teori disiplin belajar oleh Syaiful Bahri Djamarah, serta teori akhlakul karimah kepada allah oleh Zulmaizarna, yang telah melalui proses uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas tingkat disiplin belajar pada kategori sedang, mencapai 50%, sementara untuk tingkat akhlakul karimah kepada allah mayoritas juga berada pada kategori sedang dengan persentase 71,1%. Selain itu, melalui uji linear regresi sederhana, ditemukan hahwa nilai signifikansi adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa disiplin belajar memiliki hubungan signifikan dengan akhlakul karimah kepada allah. Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,448. Ini mengindikasikan bahwa kontribusi variable disiplin belajar terhadap akhlakul karimah kepada allah adalah sebesar 44,8%, sedangkan sisanya, yaitu 55,2%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlakul Karimah; Disiplin Belajar; Tunarungu |
Subjects: | Applied Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing Religious Mythology Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines Islam Islam > Sufism Other Religion Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline Elementary Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Erlin Maehwa Sani |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 01:10 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94704 |
Actions (login required)
View Item |