Pengembangan E-book zat aditif berorientasi Literasi Kimia

Amalia, Sabrina Itsna (2024) Pengembangan E-book zat aditif berorientasi Literasi Kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Buku cetak zat aditif merupakan bahan ajar yang seringkali hanya mencakup konsep dasar zat aditif tanpa mengaitkannya dengan konteks nyata kehidupan dan kurang memanfaatkan teknologi. Inovasi bahan ajar digital seperti E-Book yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran dan dapat mengubah bahan ajar menjadi lebih fleksibel dan interaktif. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan desain, menganalisis hasil uji validasi, dan hasil uji kelayakan E-Book pada materi zat aditif berorientasi literasi kimia. Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) dengan model ADDIE (Analysis, Design,Development, Impelentation, Evaluation). Pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan berupa Flowchart, Storyboard, lembar uji validasi, dan uji kelayakan. Nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek pembelajaran (materi), aspek tampilan dan bahasa dan aspek rekayasa perangkat lunak diperoleh masing-masing sebesar 0,86; 0,86; 0,87 sehingga dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi. Selanjutnya, pada uji kelayakan nilai rata-rata persentase hasil uji kelayakan dari ketiga aspek didapatkan sebesar 93% dengan interpretasi sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-Book zat aditif berorientasi literasi kimia sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi zat aditif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Book; Zat Aditif; Literasi Kimia; Bahan Ajar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education, Research
Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sabrina Itsna Amalia
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:39
Last Modified: 02 Sep 2024 08:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95080

Actions (login required)

View Item View Item